ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Kuliner Berbahan Baku Sayur Hidroponik Karya Siswa Turut Ramaikan HUT SMA 3 Cimahi

0

CIMAHI–Kuliner Berbahan baku dari sayuran hidroponik hasil karya Siswa SMA Negeri 3 Cimahi turut meramaikan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 32 tahun SMAN 3 Cimahi, pada Sabtu, (09/12/17). Diantara kuliner hasil karya para pelajar ini adalah, kripik kangkung, siomay campuran dari sayur sawi dan ikan lele.

Menariknya semua bahan baku yang digunakan berasal dari sayuran hidroponik yang dikelolah oleh para pelajar ini, begitupun ikan lele yang digunakan.

Ikan lele yang menjadi bahan utama siomay karya para pelajar ini diklaim lebih bersih dari lele yang hidup di sungai atau kali, karena ikan lele ini hidup dari aliran air sayur hidroponik ini.

“Sayurnya kita tanam sendiri dengan cara hidroponik, jenis sayurnya ada sayur bayam, Spain (sawi), kalau lele itu makan dari aliran air sayur hydroponiknya,” jelas Elma Syarifah Azizah salah satu kreator kripik kangkung dan siomay yang memiliki ide kripik, di SMA Negeri 3 Cimahi, Jalan Pesantren, Kota Cimahi, Jawa Barat, Sabtu, (09/12 /17).

Oleh Guru, anak anak ini diberikan keleluasaan untuk melakukan percobaan percobaan dengan menggunakan referensi yang diberikan oleh guru pembimbing mereka, sehingga mengahasilkan kripik kangkung yang diberi nama kripik Pikhacu (kripik kangkung Lucu) dan siomay Si Hulk (Siomay Hijau Lele Kangkung).

“Kita coba – coba sendiri, kalau guru hanya kasi modal, pas dicoba untuk ternyata enak, langsung kita produksi,” lanjut Elma.

Kendati demikian siswi kelas XII IPA ini mengaku masih mengalami kendala pada sistem pengeringan, saat ini masih menggunakan sistem pengeringan manual sehingga sedikit kesulitan.

“Paling kendala kita pada pengeringan aja, sekarang masih pake manual,” tuturnya.

Kreatifitas anak-anak ini didukung penuh oleh guru mereka, salah satunya datang dari kepala sekolah SMAN 3 Cimahi, Nelly Krisdayana. Menurut kepala sekolah SMAN 3 Cimahi, kreatifitas para siswa ini harus didorong sejak dini sehingga setelah tamat mereka bisa berwirausaha, terlebih lagi saat ini lapangan kerja semakin sulit.

“Itu karya anak-anak, ada tanaman hidroponik ada juga kuliner olahan dari tanaman hidroponik,” kata Nely Krisdayana selaku kepala sekolah SMAN 3 Cimahi.

Guna mewadahi siswa yang senang dengan wirausaha, Saat ini di SMA 3 Cimahi telah dibentuk sebuah organisasi kewirausahaan.

“Kita juga ada organisasinnya untuk mewadahi anak-anak yang senang wirausaha,” pungkasnya.

Diraharapkan anak-anak ini semakin kreatif dengan adanya wadah ini sehingga kelak bisa menciptakan lapangan kerja. []

Reporter: saifal

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun
loading...
loading...