ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Keutamaan Memberi Hidangan Buka Puasa bagi Orang yang Berpuasa

0

Advertisements

RAMADHAN ini adalah ajang bagi kita menabung pahala sebanyak-banyaknya. Karena pada bulan Ramadhan inilah segala bentuk ibadah mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Bahkan ada beberapa amal ibadah yang pahalanya tak terhingga. Maka di bulan Ramadhan inilah orang-orang berlomba dalam kebaikannya. Termasuk berlomba-lomba dalam memberikan hidangan buka puasa bagi yang berpuasa.

Mengapa banyak orang yang memberikan hidangan berbuka puasa ketika Ramadhan ini? Inilah alasan dan keutamaan orang yang memberikan hidangan berbuka puasa bagi yang berpuasa.

Barangsiapa yang memberi hidangan berbuka pada orang yang berpuasa, maka ia mendapat pahala seperti (orang yang berpuasa itu) tanpa dikurangi dari pahala orang tersebut sedikitpun. (H.R atTirmidizi, Ibnu Majah, dishahihkan Ibnu Hibban dan al-Albany)

Related Posts
1 of 11

Contohnya adalah Ahmad memberi hidangan berbuka puasa kepada Hibban. Maka Ahmad akan mendapatkan pahala puasa Hibban, sedangkan Hibban tidak dikurangi sedikitpun pahala puasanya.

Para Ulama’ Salaf merasa senang ketika saudaranya mendapatkan pahala ibadah yang ia lakukan. Utbah al-Ghulaam, jika beliau akan berbuka puasa dan ada orang yang melihatnya, maka ia berkata : Berikan aku minum dan kurma milik kalian agar aku bisa berbuka dengannya, sehingga kalian bisa mendapatkan pahala (puasa) seperti aku (Jaami’ul Uluum wal Hikam (1/123)). Masya Allah. []

Referensi: Ramadhan Bertabur Berkah/Karya: Abu Utsman Kharisman/Penerbit: Pustaka Hudaya

loading...
loading...

Sponsored

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline