ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Ketua PKS: Berikan Status Kewarganegaraan untuk Rohingya

Foto: Eka Aprilia
0

JAKARTA–Dalam aksi solidaritas Rohingya, Sabtu (16/9/2017) di Patung Kuda, Jakarta, ketua dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman mengatakan, salah satu tujuan dari aksi ini adalah untuk menekan pemerintah Myanmar agar memberikan status kewarganegaraan untuk Rohingya.

“Status kewarganegaraan sangat diperlukan bagi setiap warga, oleh kata itu, berikan status kewarganegaraan untuk Rohingya agar mereka dapat hidup damai,” ucap Sohibul Iman, ketua PKS.

Tahun 1982, Rohingya diakui di Myanmar sebagai etnis minoritas, mereka dapat hidup dengan damai di desanya. Namun kini, lanjut Sohibul, Rohingya justru tidak diakui sebagai warga negara, mereka ditindas serta mendapatkan perlakuan tidak manusiawi oleh tentara negeri nya sendiri.

“Ini bukan hanya soal agama, tetapi apa yang terjadi terhadap Rohingya merupakan tragedi kemanusiaan, “ujar Sohibul Imam.

Dengan adanya aksi yang melibatkan masyarakat internasional, kami berharap pemerintah mengambil tindakan tegas untuk menyelesaikan krisis Rohingya.

Tidak hanya melalui jalur diplomatik, dan bantuan kemanusiaan, namun juga dengan cara lainya. []

Reporter: Eka Aprila.

loading...
loading...