islampos
Media islam generasi baru

Ketika Pemerintah akan Bubarkan Ormas yang Dianggap Anti Pancasila

Foto: Kompas
0

 

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Wiranto mengatakan satu-persatu ormas yang disebut anti Pancasila akan dibubarkan.

Menurut Wiranto pemerintah akan menyiapkan langkah-langkah pembubaran ormas tersebut. “Organisasi keormasan yang nyata-nyata bertentangan dengan Pancasila maka akan dilakukan satu pengkajian yang mendalam dan dilakukan langkah-langkah yang tepat dan tegas,” ujarnya di kantor Kemenkopolhukam, Jakarta, Senin, 8 Mei 2017

Wiranto menyebut di Indonesia ada sejumlah aturan yang melarang upaya-upaya untuk menggulingkan Pancasila. Hal itu diatur dalam Undang-undang Nomor 17 Tahun 2013 tentang Ormas.

“Setiap ormas yang ada di Indonesia harus berazaskan dengan Pancasila,” imbuhnya.

Pernyataan itu disampaikan Wiranto saat mengumumkan niat pemerintah untuk membubarkan Hizbut Tahrir Indonesia. Dia pun mengatakan bahwa pemerintah akan menindaklanjuti ormas lain yang dianggap juga bertentangan dengan Pancasila.

“Satu-satu dulu. Karena kita perlu proses yang benar. Proses yang dapat dipertanggungjawabkan melalui satu acuan hukum yang berlaku di Indonesia,” pungkasnya.[]

 

Sumber: Kiblat.net

 

loading...
loading...