ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Jurus Penangkal Sihir

Foto: Abu Umar/Islampos
0

SIHIR pada hakikatnya memang ada di dunia ini. Hal ini dapat kita saksikan di media-media elektronik yang mempertontonkan tentang kebenarannya. Bahkan al-Quran dengan nash yang jelas menyatakan bihwi sihir memanglah ada. Lalu, bagaimana caranya agar kita terhindar dari sihir?

Allah SWT berfirman, “Mereka mengatakan bahwa Sulaiman itu mengerjakan sihir. Hanya setanlah yang kafir (mengerjakan sihir). Mereka mengerjakan sihir kepada mnausia dan apa yang diturunkan kepada dua orang malaikat di negeri Babil, yaitu Harut dan Marut. Keduanya tidak mengerjakan sesuatu kepada seorang pun sebelum mengatakan, ‘Sesungguhnya kami hanya cobaan bagimu, sebab itu janganlah kamu kafir.’ Mereka dapat menceraikan antara suami dengan istrinya. Mereka itu (ahli sihir) tidak memberi mudharat dengan sihirnya kepada siapa pun, kecuali dengan izin Allah,” (QS. Al-Baqarah: 102).

Allah membiarkan orang-orang yang memiliki ilmu sihir tetapi manfaat dan bahayanya tetap berada di tangan Allah. Karena itu ditegaskan dalam ayat di atas, “Dan mereka itu (ahli sihir) tidak memberi bahaya dengan sihirnya kepada siapa pun, kecuali dengan izin Allah.”

Orang yang meyakini dan berlindung kepada Allah pasti akan dilindungi oleh-Nya dan akan terhindar dari bahaya sihir.

Orang yang yakin bahwa dia terkena sihir lalu mencari bantuam dukun atau orang yang mengerti ilmu sihir untuk menolak sihir tersebut, Allah akan membiarkan mereka mengatasi sendiri persoalannya. Allah, Tuhan segala sebab. Ia Maha Berkuasa untuk membatalkan dan menggalkan segala gangguan sihir.

Apabila orang yakin akan hal itu dengan sebenarnya, siapa pun ahli sihir tidak mampu menganggu, kecuali dengan izin Allah.

Kelebihan setan atau jin yang jahat ialah kemampuannya menyerupai makhluk lain. Dia menyerupai kera, menjelma pada wajah istri, lalu suami benci melihatnya. Bisa juga setan menyerupai binatang buas pada wajah suami, menjadikan istri benci, takut dan menjauhkan diri dari suaminya. Jika terus menerus begitu, akibatnya selalu bermusuhan.

Allah memberikam pegangan kepada kita dengan doa dan bacaan ayat-ayat Quran sebagai penangkal sihir. Di antaranya bacaan surah al-Falaq dan surah an-Nas. Sebaiknya surah-surah tersebut sering dibaca berulang-ulang. Juga biasakan diri Anda selalu dalam keadaan berwudhu (suci).

Itulah jurus yang dapat Anda lakukan untuk menangkal sihir. Maka dari itu, Anda jangan pula sepelekan sihir, karena ternyata gangguan sihir dengan adanya bantuan setan dapat membuat kesengsaraan bagi kita, salah satunya perceraian. Oleh sebab itulah, beberapa jurus tersebut diusahakan untuk dilakukan. Dan yang terpenting ialah kita senantiasa selalu ingat kepada Allah dengan selalu mengucap asma-Nya. []

Sumber: Anda Bertanya Islam Menjawab/Karya: Prof. Dr. M. Mutawalli asy-Sya’rawi/Penerbit: Gema Insani

loading...
loading...