ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Jokowi Minta Aparat Jangan Biarkan Upaya-upaya yang Lemahkan KPU

0

JAKARTA— Dugaan delegitimasi KPU yang akhir-akhir ini mencuat, dengan banyaknya isu bahkan hoax yang menyudutkan KPU membuat Presiden Joko Widodo angkat bicara.

Jokowi meminta aparat untuk tidak tinggal diam atau membiarkan pihak-pihak yang berupaya mendelegitimasi Komisi Pemilihan Umum (KPU).

BACA JUGA: Viral Capres-Cawarpes Fiktif Nurhadi-Aldo, Ini Kata KPU

“Ya gini, aparat tidak boleh membiarkan kegiatan-kegiatan yang ingin melemahkan, mendelegitimasi KPU,” ujar Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Rabu (9/1/2019).

KPU adalah penyelenggara pemilihan umum mulai dari pemilihan kepala daerah, pemilihan legislatif hingga pemilihan presiden. Demikian, jelas Jokowi, seluruh pihak harus mendukung penuh KPU.

Selain itu, Jokowi juga meminta secara langsung kepada Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengambil tindakan tegas terhadap pihak-pihak yang berupaya mendelegitimasi KPU.

“Kalau ada orang-orang atau pihak-pihak yang ingin mendelegitimasi itu sudah saya sampaikan ke kapolri juga, tegas,” kata Jokowi.

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, sebelumnya menilai bahwa KPU telah bersikap netral. Menurutnya tidak ada keberpihakan, seperti yang ditudingkan oleh banyak pihak.

BACA JUGA: Soal Debat Perdana Pilpres 2019, KPU: Tidak Ingin Ada Paslon yang Dipermalukan

Justru menurutnya, memang benar ada upaya-upaya untuk membuat legitimasi penyelenggara pemilu yakni KPU, menjadi tidak dipercaya oleh masyarakat.

“Saya yakin KPU per hari ini tidak ada yang menyimpang satu titik koma pun dari UU. Yang dijabarkan lewat PKPU,” kata Tjahjo, di Istana Negara, Jakarta, kemarin. []

SUMBER: VIVA

Artikel Terkait :

loading...
loading...

Sponsored

Comments
Loading...

Maaf Anda Sedang Offline

Send this to a friend