Ini Dia, Kiat-kiat untuk Bangun Shalat Malam

0

 

ANDA punya masalah bangun telat di sepertiga malam? Dan menginginkan terbangun malam, namun selalu dihantui rasa ngantuk? Atau ada ketakutan, jika siangnya mengira tubuh akan lemas dan ngantuk?

Tidak sedikit yang mengira bahwa ada anggapan jikalau mengerjakan shalat malam (Tahajud) menjadikan seseorang pada ke esokan harinya akan lemas, ngantuk dan tidak bersemangat. Padahal jika itu yang ditimbulkan, tentu Allah tidak akan menganjurkan para hamba-Nya agar senantiasa mengerjakan ibadah yang mulia.

Al-Qurthubi menurunkan sebuah riwayat bahwa seorang pernah berkata kepada Ibnu Abbas, seraya berkata: “Aku sangat menginginkan bangun malam (untuk shalat tentunya), namun aku selalu kalah oleh rasa ngantukku.” Ibnu Abbas berkata kepadanya. “Apabila engkau hendak bangun malam jam berapa pun yang engkau inginkan, ketika hendak tidur maka hendaklah engkau membaca ‘Qul lau kanal bahru’.”

Adapun yang dikatakan oleh Ustadz A’id Al-Qarni, ia menyebutkan ada empat perkara yang menyebabkan seseorang akan dimudahkan untuk bangun malam, yaitu:

a. Kurangi berbuat maksiat pada waktu siang harinya. Disebutkan, pernah seseorang bertanya kepada hasan Al-Bashri: wahai Abu Sa’id, aku tidak kuat untuk bangun malam. Hasan Bashri menjawab: Kesalahan (Maksiat) mu itu yang telah membelenggu kamu.

b. Membaca wirid yang pernah diajarkan Nabi kepada Ali dan Fatimah, yaitu membaca tasbih, tahmid dan takbir masing-masing 33    kali menjelang tidur.

c. Tidak melakukan begadang malam untuk hal-hal yang tidak mendatangkan ridha Allah SWT.

d. Tidur sejenak di waktu istirahat siang (qailulah).

e. Membaca surat Al-Kahfi ayat 109-110

Dengan kita mengikuti cara yang telah disebutkan di atas. InsyaAllah hal itu dapat kita wujudkan, serta didampingi dengan kekuatan niat dan berusaha untuk mencapai Ridho Allah SWT.[]

Sumber: Fikih Wanita Praktis/Darwis Abu Ubaidah/Pustaka Al-Kautsar

loading...
loading...
Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline