islampos
Media islam generasi baru

Ini Cenderamata Khusus dari Raja Salman untuk Masjid Istiqlal

Cenderamata khusus dari Raja Salman untuk Masjid Istiqlal berupa kaligrafi ayat-ayat Al Quran yang ditulis dengan tinta emas. Foto: Muhammad Sirajuddin.
0

JAKARTA—Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud bersama rombongan mengunjungi Masjid Istiqlal pada Kamis (2/3/2017) siang. Dalam kesempatan tersebut, Raja Salman menunaikan shalat Tahiyatul Masjid serta menyerahkan cenderamata khusus untuk Masjid Istiqlal.

Menteri Agama RI Lukman Hakim mengatakan bahwa Raja Salman dalam kunjungannya ke Masjid Istiqlal sangat kagum dengan salah satu masjid terbesar di Indonesia ini. Raja Salman bersyukur dapat berziarah ke tempat ini.

“Raja Salman kagum ada masjid seperti ini (Istiqlal) dengan sejarah yang juga sangat khas bagi Indonesia,” kata Lukman, lansir Republika, Kamis (2/3/2017).

Dalam kunjungan tersebut, selain beribadah, Raja Salman juga memberikan cenderamata berupa kaligrafi yang tertulis ayat-ayat Alquran dari benang emas. Cenderamata ini secara khusus dipersiapkan raja untuk diberikan kepada Masjid Istiqlal.

Kaligrafi ini, lanjut Lukman, menjadi simbol bahwa kedatangan Pemerintah Arab Saudi ke Indonesia bukan hanya ingin melakukan kunjungan kenegaraan dan bekerja sama dalam perdagangan serta politik. Namun Kerajaan Arab Saudi juga ingin memberikan kenang-kenangan kepada masyarakat Indonesia, yaitu dengan cenderamata yang diberikan untuk Masjid Istiqlal.

Raja Salman tiba di ruang utama masjid Istiqlal sekitar pukul 14.15. Raja Salman ditemani Presiden RI Jokowi, Quraish Shihab, Menteri Agama Lukman Hakim, Wakil Menteri Luar Negeri AM Fachir, dan tokoh ulama lain.

Raja Salman menjalankan ibadah shalat Tahiyatul Masjid dengan duduk di atas kursi berwarna kuning dengan balutan warna biru tua untuk bantalannya.

Sementara Jokowi yang mengenakan batik dan peci hitam‎ shalat di samping sebelah kiri Raja Salman. Sedangkan Imam besar masjid Istiqlal Nasaruddin Umar shalat di samping kanan Raja Salman. []

loading...
loading...