islampos
Media islam generasi baru

Ingin Dirindukan Surga? Lakukan Hal Ini

Foto: Flickr
0

لو يعلم العباد ما في رمضان لتمنت أمتي أن تكون السنة كلها رمضان

“Seandainya umatku tahu keutamaan dan keagungan bulan Ramadhan, niscaya mereka mengharapkan agar selama setahun penuh menjadi bulan Ramadhan,” demikian sabda Rasulullah.

SIAPA yang tidak menginginkan dimasukan ke dalam surgaNya Allah, berkumpul dengan orang-orang pilihan Allah dan menjadi tetangga Rasulullah? Pasti semuanya sangat berharap demikian.

Ketika kita merindu surga, mendamba rahmat Allah dan anugerah menjadi penghuni jannah, maka surga pun merindu pula orang-orang yang kelak akan menghuninya. Siapakah orang-orang dimaksud?

ORANG-orang yang menunaikan shaum –puasa- di bulan Ramadhan, menjadi salah satu golongan yang sangat dirindukan oleh surga. Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa surga merindukan empat golongan.

Orang-orang yang dirindukan surga itu diantaranya adalah golongan yang membaca Alquran, golongan yang menjaga lisan, yang memberi makan orang lapar dan golongan mereka yang berpuasa di bulan Ramadhan.
Posisi istimewa puasa bahkan sering disebut-sebut Rasulullah semasa hidupnya. Nabi Muhammad SAW bersabda “Barang siapa berpuasa Ramadhan dan mengetahui batas-batasnya dari segala yang seyongyanya kita memelihara diri, niscaya ditutupilah segala dosanya yang sebelum Ramadhan,” (HR. Ibnu Hibban dari Baihaqi.
Selain itu, dalam riwayat Hadist Qudsi Rasulullah mengetahui dari Allah bahwa “Tiap-tiap kebaikan yang diperbuat anak Adam dilipatgandakan pahalanya dari 10 sampai 700 kali kecuali puasa, karena puasa itu untuk-Ku dan Aku sendirilah yang akan membalasnya,”.
Puasa memang ibadah yang lengkap manfaatnya. Mulai dari manfaat sehat, perbaikan moral diri, perilaku, psikologi, hubungan sosial, pendidikan, hingga ibadah. Maka tak aneh jika bulan ini disebut bulan yang sangat istimewa dan tidak pantas untuk disia-siakan. Ingin dirindukan surga? Jadilah seperti orang di atas. Wallahu a’lam. []

loading...
loading...