Indobarometer Nilai Prabowo Lawan Terberat Jokowi

0

JAKARTA—Direktur Eksekutif Indo Barometer, Muhammad Qodari, menyatakan pertarungan ulang antara Joko Widodo dan Prabowo Subianto di Pilpres 2019 kemungkinan terbuka lebar. Qodari menilai Prabowo masih merupakan lawan terberat bagi sang petahana.

“Lawan terberat Jokowi tetap Pak Prabowo,” kata Qodari, Senin, (26/2/2018).

Pemilu 2019 sendiri menurut Qodari berbeda, karena digelar serentak. Oleh karena itu, faktor tokoh menurut Qodari, memiiki pengaruh yang besar.

“Dengan figur ini, suara legisatif di dominasi dua partai, PDIP dan Gerindra. Insentif elektoral terlalu besar, bagi Gerindra, tidak mencalonkan Prabowo sulit dilakukan,” kata dia.

Di lingkup kepartaian, Qodari menilai Prabowo berkepentingan. Suara Gerindra sejak 2009, 2014, trennya cenderung naik.

“Bila Prabowo tidak mencalonkan diri, tren tersebut tidak bisa dipertahankan. Ada kemungkinan Jokowi-Prabowo, tapi skema pertama tetap Jokowi lawan Prabowo,” kata dia.

Sementara itu mengenai munculnya nama-nama lainnya seperti Anies Baswedan, Gatot Nurmantyo, atau Agus Harimurti Yudhoyono, menurut Qodari, mereka memiliki kekurangan yaitu tidak memiliki partai. Oleh karena itu, persaingan antara Jokowi dengan Prabowo kemungkinan bakal terulang kembali.

“Betul, rematch.” []

Sumber: Viva

loading...
loading...
Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline