ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Hati-hati, Ini Efek Luar Biasa Sedekah

0

Advertisements

SEDEKAH adalah pemberian dari seseorang kepada orang lain dengan tujuan untuk mendapatkan pahala di sisi Allah SWT. Sedekah bisa berupa apa saja yang bermanfaat bagi orang lain, seperti memberi donasi, makanan, barang, bahkan tenaga. Jika niat kita tulus karena Allah SWT, maka akan mendapatkan pahala disisi allah SWT.

Dalam sebuah hadits dikatakan, “Sesungguhnya di dalam sedekah-sedekah itu ada lima perkara.” Apa sajakah kelima perkara tersebut? Berikut ulasannya:

Pertama, Menambah Kaya

Jangan takut berkurang rezekinya karena bersedekah. Karena sedekah itu akan meluaskan , melapangkan dan membuka pintu rezeki. Nabi bersabda, “Tidak akan berkurang rezeki orang yang bersedekah, kecuali bertambah, bertambah, bertambah.” (HR. Al Tirmidzi)

Sabda Rasulullah SAW, “Bersedekahlah kalian, karena sesungguhnya sedekah dapat menambah harta yang banyak. Maka bersedekahlah kalian, niscaya Allah menyayangi kalian.” (Al-Wasail 6: 255, hadits ke 11)

Allah SWT berfirman, “Apapun harta yang kalian infakkan maka Allah pasti akan menggantikannya, dan Dia adalah sebaik-baik pemberi rezeki.” (QS. Saba ayat 39)

Kedua, Mengobati Penyakit

Dengan bersedekah, berbagai penyakit hati Insyaa Allah dapat disembuhkan. Karena sedekah merupakan salah satu hal yang dapat membersihkan hati dan pikiran. Rasulullah SAW bersabda: “Obatilah orang-orang yang sakit di antara kalian dengan bersedekah.”

Ketiga, Menghindarkan dari Segala Bala’ dan Marabahaya

Sedekah itu merupakan penolak bala’, penyubur pahala, menahan musibah dan kejahatan serta rezeki yang dilipat gandakan oleh Allah SWT. Rasulullah saw bersabda: “Bersegeralah untuk bersedekah. Karena musibah dan bencana tidak bisa mendahului sedekah.” Dari hadits lain nabi SAW bersabda: “Shodaqoh itu menutup tujuh puluh pintu kejahatan.”

Keempat, Allah Mudahkan Lewati Jembatan Shirath dengan Cepat

Jembatan shirath atau Shiratal Mustaqim dibentangkan di atas neraka agar dilewati oleh orang-orang beriman. Imam Muslim meriwayatkan bahwa Abu Said Al Khudri r.a. berkata: “Rasulullah SAW telah menyampaikan kepadaku bahwa jembatan shirath itu lebih tipis dari sehelai rambut dan setajam pedang.”

Dalam sebuah riwayat Ibnu Mas’ud berkata, ”Jembatan shirath merupakan jalan yang lurus sepanjang neraka. Bentuknya seperti pedang yang panjang, dapat mematahkan, dan licin.

Di atas jembatan shirath ini terdapat besi-besi yang berasal dari neraka. Besi-besi ini mencakar dan mencengkram siapa saja yang dikendaki.

Diantara orang-orang yang menyeberangi shirath, terdapat orang yang berlari secepat kilat hingga akhirnya dia dapat selamat. Ada yang berlari seperti angin hingga dia selamat sampai di seberang. Ada yang berlari secepat kuda. Ada pula yang berlari biasa dan berjalan.” (diriwayatkan oleh Thabrani dan Bahihaqi dengan sanad yang shahih)

Kelima, Allah Masukan ke Surga Tanpa Hisab dan Siksa

Bersedekah yang dilakukan secara ikhlas tanpa diketahui orang lain, tidak diumbar karena kesombongan dan ingin mendapat pujian dari makhluk Allah SWT. Niatnya hanya karena Allah Sang Maha Pemurah semata. Wallau a’lam. []

Sumber: catatan moeslimah

loading...
loading...

Sponsored

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline