Gubernur DKI Diadang Paspampres, Koordinator Sahabat Anies: Presiden Perlu Klarifikasi

0

JAKARTA—Beredarnya video viral yang menayangkan detik-detik Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan diadang Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres), saat hendak menemani Presiden Jokowi memberikan selamat ke Persija Jakarta di final Piala Presiden pada Sabtu lalu menuai banyak komentar dari berbagai pihak. Salah satu kritikan datang dari Koordinator Sahabat Anies-Sandi, Anggawira yang menyayangkan sikap Paspampres.

“Saya sangat menyayangkan dan kecewa atas tindakan Paspampres yang menahan Pak Anies selaku “tuan rumah” untuk mendampingi Presiden, Menpora, Menteri Polhukam saat memberikan ucapan selamat kepada Persija Jakarta. Kejadian ini mengundang tanda tanya besar, kenapa Gubernur dilarang saat yang lain dipersilahkan?” katanya melalui siaran pers yang diterima Islampos.com, Ahad (18/02/2018).

Anggawira menyebutkan, sesuai ketentuan dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2010 Tentang Keprotokolan pada pasal 13 dijelaskan mengenai tata tempat bagi penyelenggara dan atau pejabat tuan rumah dalam pelaksanaan acara resmi.

“Dalam pasal tersebut jelas tertulis, dalam hal acara resmi dihadiri Presiden dan atau Wakil Presiden, penyelenggara atau pejabat tuan rumah mendampingi Presiden dan atau Wakil Presiden. Kalau seperti ini, saya rasa Presiden perlu klarifikasi,” pungkasnya.

Ketika dimintai pendapat apakah penghadangan Anies ini ada kaitannya dengan masalah politik, Anggawira mengaku tak bisa memastikan. Hanya, ia menyoroti saat mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) turut mendampingi Presiden dalam ajang yang sama pada tahun lalu.

“Kalau soal karena perbedaan partai itu kan hal yang lumrah saja. Saya juga tidak tahu secara pasti apakah karena itu masalahnya. Tapi yang jelas tahun lalu pak Ahok mendampingi Presiden saat memberi hadiah ke tim pemenang Piala Presiden 2017,” paparnya. []

Reporter: Tommy

loading...
loading...
Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline