Gantikan Setya Novanto, Fadli Zon Jadi Plt Ketua DPR RI

0

JAKARTA— Mundurnya Ketua DPR RI, Setya Novanto dari jabatannya untuk menjalani sidang kasus korupsi yang menjeratnya, pada senin (11/12/2017) kemarin, Rapat pimpinan DPR menetapkan Wakil Ketua DPR, Fadli zon sebagai pelaksana (plt) Ketua DPR.

Rapat pimpinan tersebut dihadiri oleh Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah, Taufik Kurniawan dan Fadli Zon.

Fadli zon mengatakan, “telah ditetapkan Plt Ketua DPR tadi adalah Wakil Ketua bidang Korpolkam sesuai dengan fraksi, dalam hal ini saya akan menjalankan tugas Plt Ketua sampai dengan adanya ketua atau pimpinan yang definitif,” ujar Fadli Zon, sepeti dikutip dari SindoNews pada Senin (11/12/2017) kemarin.

Ia juga menambahkan, berdasarkan Pasal 87 Undang-undang Nomor 17 tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD (MD3) disebutkan pada ayat 3, dalam hal salah satu seorang pimpinan DPR berhenti dari jabatannya sebagaimana dimaksud pada ayat 1 anggota pimpinan lainnya menetapkan salah seorang diantara pimpinan untuk melaksanakan tugas pimpinan yang berhenti sampai ditetapkannya pimpinan yang definitif.

“Sambil menunggu calon ketua DPR pengganti dari partai Golkar, saya kira demikian supaya tidak ada informasi atau kesimpangsiuran kita menjalankan segala sesuatu berdasarkan amanat dari Undang-undang MD3.

Dan sifatnya tentu saja untuk menjalankan roda institusi sesuai dengan amanat Undang-undang tersebut,” pungkasnya.[]

loading...
loading...
Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline