Flu Burung Menyebar di 15 Provinsi Iran

Foto: AOSpine - AO Foundation
0

TEHERAN – Kementerian Kesehatan Iran telah mendeteksi adanya flu burung di 15 provinsi Iran. Mereka juga telah melarang penggunaan produk unggas lokal secara nasional.

Mahmood Soroush, kepala Pusat kementerian untuk Pengendalian Penyakit Menular, mengatakan kepada kantor berita Iran IRNA, Sabtu  (25/2/2017) bahwa flu burung, bentuk paling umum dari H5N8, menginfeksi burung di lebih dari 15 provinsi Iran.

Soroush mengatakan flu burung sudah terdeteksi di banyak negara, terutama di wilayah yang membentang antara Siberia dan Tanduk Afrika.

Dia mengatakan kementerian Iran telah mengeluarkan tiga pernyataan peringatan tentang kontaminasi daerah dekat perkotaan, khususnya di dekat laguna. Kementerian juga telah mendesak warga untuk menyentuh segala jenis burung.

“Kami serius mengajak masyarakat untuk menghindari menyentuh unggas yang mati atau unggas yang bahkan hidup,” kata pejabat itu.

Kementerian Kesehatan Iran mengambil langkah-langkah yang berbeda untuk mengantisipasi menularnya virus termasuk memberikan pendidikan, vaksinasi, dan distribusi obat-obatan di daerah yang terkena, Soroush menambahkan.

Dia menekankan bahwa orang harus menggunakan hanya ayam dan telur yang memiliki sertifikasi dari Lembaga Kedokteran Hewan Iran atau Departemen Pertanian. Selain itu, masyarakat diimbau menghindari menggunakan produk unggas lokal sampai pemberitahuan lebih lanjut. [fq/islampos]

loading...
loading...