islampos
Media islam generasi baru

Disamakan dengan Donald Trump, Presiden Afrika Selatan Berang

Foto: BBC
0

AFRIKA SELATAN—Kantor presiden Afrika Selatan telah mengungkapkan kemarahannya atas sebuah artikel yang menyamakan Presiden Jacob Zuma dengan Presiden Donald Trump.

BBC mengutip Situs berita Mail & Guardian pada Rabu (8/2/2017), menerbitkan sebuah kolom pendapat karya Eusebius McKaiser yang berjudul ‘Trump dan Zuma lebih buruk dari para penipu’.

Artikel tersebut dianggap kantor presiden sebagai ‘cara di luar konvensi dari wartawan yang bertanggung jawab dan kebebasan berekspresi.’

Lewat kolom tanggapan, yang juga diterbitkan Mail & Guardian, seoarang pejabat kantor presiden David Ntshabele juga mempertanyakan bagaimana mungkin makian dan kata-kata tajam, khususnya terhadap kepala negara, bisa lolos dari pengawasan redaksi.

Parlemen Afrika Selatan saat ini sedang membahas undang-undang tentang ungkapan kebencian yang -antara lain- akan menetapkan penghinaan atas presiden sebagai kejahatan.

Dia antara lain menuduh Zuma tidak takut untuk berbohong, antara lain dengan merujuk pada perbaikan rumah peristirahatannya di kawasan pedesaan Nkandla, yang dituduh menggunakan dana negara. []

loading...
loading...