Dewan Keamanan PBB Desak Penghentian Pembangunan Pemukiman Israel

0

JENEWA – Pelapor Khusus PBB, Michael Lynk Jumat kemarin (3/2/2017) menyerukan Dewan Keamanan PBB dan Majelis Umum PBB untuk menghentikan pemukiman ilegal Israel di wilayah Palestina yang diduduki.

Lynk mendesak adanya langkah-langkah diplomatik dan politik yang efektif untuk memastikan kepatuhan Israel terhadap resolusi Dewan Keamanan 2334, yang menegaskan bahwa semua permukiman Israel di wilayah Palestina yang diduduki merupakan pelanggaran terhadap hukum internasional.

Sebelumnya pemerintah Israel pada Selasa malam lalu menyetujui pembangunan 3.000 unit baru di Tepi Barat setelah menyetujui pembangunan 3066 pemukiman Yahudi di Yerusalem Timur dan Tepi Barat.

“Kegiatan permukiman lanjutan merupakan ancaman serius bagi Palestina untuk menentukan nasib sendiri,” kata Pelapor Khusus PBB, lapor Anadolu Agency.

Hukum internasional memandang Tepi Barat dan Yerusalem Timur sebagai wilayah yang diduduki dan menganggap semua aktivitas pembangunan pemukiman Yahudi di wilayah tersebut sebagai ilegal.[fq/islampos]

loading...
loading...