ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Dampak Kebijakan Baru Malaysia, Ratusan TKI Nunukan Batal Dideportasi

foto: poskota news
0

NUNUKAN—Pemerintah Malaysia membatalkan deportasi pada ratusan tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Nunukan, Kalimantan Utara.

Kepala Satgas Perlindungan WNI Konsulat Jenderal RI Kota Kinabalu Negeri Sabah, Hadi Syarifudin menyatakan, dampak kebijakan baru yang diberlakukan pemerintah Malaysia dengan menaikkan biaya tiket pemulangan TKI maka sekitar 500 orang batal dideportasi.

Seperti diketahui, TKI yang dideportasi pada 2017 ini merupakan usaha besar-besaran aparat kepolisian dan imigrasi Negeri Sabah terhadap pekerja asing illegal. Namun, saat ini mereka tidak dapat dipulangkan sehubungan dengan kenaikan harga tiket kapal menuju Kabupaten Nunukan.

Pemulangan (deportasi) pertama 2017 direncanakan, Selasa (24/1/2017) sebanyak 204 orang dari Pusat Tahanan Sementara (PTS) Air Panas Tawau, namun batal karena perubahan kebijakan tersebut.

Sehubungan dengan pembatalan pemulangan itu, maka sekitar 300 orang TKI dari Pusat Tahanan Sementara Kemanis Papar dan PT Menggatal Kota Kinabalu juga batal dipulangkan ke Kabupaten Nunukan yang direncanakan Kamis (26/1/2017), demikian Antara. []

loading...
loading...