Anies Dicegah Paspampres untuk Dampingi Jokowi, Fahri: Kejadian Itu Sangat Tidak Pantas dan Tidak Etis

0

JAKARTA—Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menanngapi hal terkait dicegahnya Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan untuk mendampingi Presiden Jokowi Dodo memberikan hadiah kepada pemenang piala Presiden. Menurut Fahri, hal tersebut melanggar UU Protokoler.

“Sekretariat Negara perlu melakukan evaluasi. Karena apa pun itu, adalah pelanggaran terhadap hukum dan melanggar UU Protokoler,” ujar Fahri, pada Minggu (18/2/2018) kemarin.

Fahri menambahkan, “Kejadian itu juga memalukan kita karena itu tindakan yang sangat tidak pantas dan tidak etis, karena di depan mata seluruh rakyat Indonesia, Sekretariat Negara mempraktikkan satu tindakan yang memalukan,” ujar fahri.

Fahri justru bertanya balik ke Presiden Joko Widodo terkait aturan protokoler. Ia kemudian mengkritik protokoler orang-orang di sekitar Jokowi yang dianggapnya amatiran.

“Saya tidak percaya Bapak Jokowi sebagai mantan Wali Kota dan mantan Gubernur DKI tidak paham soal aturan protokoler ini. Tapi orang-orang yang bermain-main di sekitar Jokowi ini sudah sangat keterlaluan. Cara orang-orang sekitar Presiden mengelola ini sangat amatir dan memalukan. Saya kira ini perlu menjadi catatan yang sangat keras,” tegasnya.

Namun sebelumnya, pihak Istana sudah menjelaskan bahwa tak ada arahan dari Jokowi untuk mencegah Anies maju ke podium Piala Presiden. Istana juga menegaskan bahwa acara penyerahan Piala Presiden tersebut bukanlah acara kenegaraan sehingga tidak mengikuti aturan protokoler. []

 

SUMBER: DETIKNEWS.COM

loading...
loading...
Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline