ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Aids Haraki

0

Aku gemakan sebuah gaung kewaspadaan terhadap kerusakan yang melingkupi dan bahaya yang mengancam. Itulah wabah Aids Haraki yang menggerogoti bangunan harakah dan tanzhim serta menghacurkannya menjadi puing. Sebuah wabah yang diingatkan Al-Qur’an dengan tegas:“…dan janganlah kamu berbantah-bantahan yang menyebabkan kamu menjadi gentar dan hilang kekuatan…”

Maka adakah yang menyambut gema ini? Saya berharap demikian. Allah sajalah yang memberi pertolongan dan kepada-Nya lah kita bertawakkal.

1 Ramadhan 1409 H
Fathi Yakan

AIDS Haraki. Ya, demikianlah al-ustadz Fathi Yakan – seorang ulama dan mujahid dakwah tingkat dunia – mengistilahkan suatu fenomena yang telah dan sedang terjadi di sebagian harakah Islam. Ini adalah sebuah peringatan keras dari beliau kepada para aktivis dakwah, enam belas tahun lalu. Fa dzakkir inna adz-dzikra tanfa’ul mu’miniin.

Aids adalah kondisi ketika seseorang mengalami kehilangan daya kekebalan tubuh, sehingga menjadi sangat rentan terhadap berbagai penyakit. Dan karena virus HIV yang menyebabkan penyakit AIDS ini belum ditemukan obatnya hingga saat ini, para pengidap HIV/AIDS pada umumnya akan segera mengalami kematian secara mengenaskan.

Dalam bukunya yang berjudul Ihdzaruu Al-Aids Al-Haraky (1989), ustadz Fathi Yakan secara khusus menyoroti kasus kehancuran harakah dan tanzhim dakwah di Libanon. Pada saat yang sama beliau juga menemukan fenomena yang sama sedang terjadi di sebagian negeri-negeri muslim lainnya.

Menurut pendapat beliau, kasus-kasus kehancuran tanzhim dakwah yang berawal dari melemahnya daya tahan internal jama’ah, seringkali terjadi di saat mereka berada pada mihwar siyasi (orbit politik). Yaitu saat harakah Islamiyah memasuki wilayah politik untuk menyempurnakan wilayah amal dan pencapaian sasaran dakwahnya.

Mengapa begitu? Apakah masuknya harakah Islam ke dalam wilayah politik adalah suatu kekeliruan? Tentu saja tidak! Karena syumuliyatul-Islam (sifat kemenyeluruhan ajaran Islam) mengharuskan politik sebagai bagian tak terpisahkan dari Islam. Dan syumuliyatud-da’wah menuntut kita – pada saatnya – untuk memasuki wilayah politik.

Lalu bagaimana suatu harakah bias terjangkiti penyakit aids dan kemudian mengalami kehancuran? Dalam analisisnya, ustadz Fathi Yakan menyebutkan tujuh faktor yang menyebabkan semua ini.

Faktor penyebab pertama: Hilangnya manna’ah i’tiqadiyah (imunitas keyakinan) dan tidak tegaknya bangunan dakwah di atas pondasi fikrah dan mabda’ yang benar dan  kokoh. Dampak yang timbul dari faktor ini di antaranya adalah tidak tegaknya tanzhim dakwah di atas fikrah yang benar dan kokoh.

Adakalanya sebuah tanzhim hanya berwujud Tanzhim Ziami, yaitu tanzhim yang tegak di atas landasan loyalitas kepada seorang pemimpin yang diagungkan. Ada lagi yang berupa Tanzhim Syakhshi, yaitu tanzhim yang dibangun di atas bayangan figur seseorang. Yang lain berupa Tanzhim Mashlahi Naf’i yang berorientasi mewujudkan tujuan materi semata.

Dengan begitu, jadilah bangunan tanzhim tadi begitu lemah dan rapuh. Tidak mampu menghadapi kesulitan dan tantangan. Akhirnya goncanglah ia dan bercerai-berailah shafnya, sehingga muncul berbagai tragedi yang menimpanya.

Faktor penyebab kedua: Rekruting berdasarkan kuantitas, di mana bilangan dan jumlah personil menjadi demikian menyibukkan dan menguras perhatian qiyadah. Dengan anggapan bahwa jumlah yang banyak itu menjadi penentu kemenangan dan kejayaan. Kondisi ini memang seringkali mendapatkan pembenarannya ketika sebuah harakah dakwah tampil secara formal sebagai partai politik.
Orientasi kepada rekruting kuantitas – pada sisi lain – akan memudahkan pihak-pihak tertentu menciptakan qaidah sya’biyah atau basis dukungan sosial untuk kepentingan realisasi tujuan-tujuannya. Dalam situasi tertentu bisa muncul figur atau tokoh-tokoh tertentu dalam harakah yang memperjuangkan kepentingannya dengan memanfaatkan qaidah sya’biyah yang dibangunnya. Pada saat seperti inilah, qaidah sya’biyah ini bisa berdiri sebagai musuh bagi harakah.

Faktor penyebab ketiga: Bangunan tanzhim tergadai oleh pihak luar. Baik tergadai oleh sesama tanzhim maupun negara. Boleh jadi juga tergadai oleh basis-basis kekuatan yang ada di sekelilingnya; baik secara politis, ekonomi, keamanan atau keseluruhan dari unsur-unsur ini.

Akibatnya tanzhim tadi kehilangan potensi cengkeram, kabur orientasi dan arah politiknya. Jadilah ia sebuah tanzhim yang diperalat bagi kepentingan pihak lain, meskipun terkadang ia sendiri bisa mendapatkan kepentingannya dengan cara itu.

Faktor penyebab keempat: Tergesa-gesa ingin meraih kemenangan meskipun tidak diimbangi dengan sarana yang memadai, dalam kondisi minimal sekalipun. Wilayah politik identik dengan pos-pos kekuasaan. Ada semangat pencarian dan pencapaian pos-pos kekuasaan yang pasti dilakukan oleh setiap pelaku politik. Dan semua itu akan berlangsung seperti tidak ada ujung akhirnya.

Kekuasaan, di manapun – menurut ustadz Fathi Yakan – kemampuannya membagi ghanimah (harta rampasan perang) kepada aparat sebanding dengan potensinya menderita kerugian. Bahkan ghanimah yang telah diperoleh itu terkadang justru melahirkan cobaan dan bencana bagi gerakannya. Pemicunya adalah sengketa dalam pembagiannya; antar personil, personil dengan pemimpin serta penguasa yang berambisi mendapatkan bagian terbanyak.

Sesungguhnya, kajian yang jernih terhadap faktor-faktor yang mengantarkan beberapa hizb (golongan atau partai) meraih kekuasaannya atas berbagai wilayah di dunia, mampu mengungkap sejauh-mana dampak negatif bahkan bahaya yang dihadapi oleh hizb tadi.

Dampak negatif tadi antara lain berupa keruntuhan dan kehancurannya, serta terpecah-belahnya hizb itu menjadi kepingan, kehilangan prinsip dan orientasi yang akhirnya mengantarkannya menjadi sebuah kelompok yang mengejar kepentingan hawa nafsunya dan materi duniawi semata.

Faktor penyebab kelima: Munculnya sentra-sentra kekuatan, aliran, dan sayap-sayap gerakan dalam tubuh harakah. Kebanyakan bangunan tanzhim yang mengalami pertikaian dan perselisihan berpotensi melahirkan hal-hal di atas.

Sebuah harakah, apa saja namanya, apabila memiliki ta’addudul wala’ (multi loyalitas) dan dikendalikan oleh beragam kekuatan, tidak tunduk kepada qiyadah tunggal, di mana hati para personil dan para mas’ulnya tidak terhimpun pada seseorang yang dipercaya, maka ia menjadi harakah yang potensial melahirkan pertikaian, berebut pengaruh dan kekuasaan untuk meraih ambisi-ambisi pribadi.

Faktor penyebab keenam: Campur-tangan pihak luar. Di zaman sekarang, faktor-faktor ini telah begitu dominan mempengaruhi dunia. Kekuatan siyasiyah (politik), fikriyah (pemikiran), asykariyah (militer) dan jasusiyah (intelejen) yang beraneka ragam dikerahkan untuk memukul seterunya dengan target kehancuran bangunan tanzhimnya.

Hal ini dilakukan melalui deteksi cermat terhadap titik lemah, kemudian menawarkan “dukungan”, setelah itu dipukul hancur. Pintu masuk menuju ke sana memang sangat banyak. Adakalanya melalui pintu siyasah, yaitu dengan menawarkan berbagai kemashlahatan politik. Terkadang melalui pintu maliyah, dengan jalan menutup kebutuhan finansiil. Lain kali melalui pintu amniyah, yaitu dengan menjanjikan perlindungan keamanan dan lain-lain. Hal-hal itu dilakukan satu-persatu atau secara bersama-sama.

Kapankah kekuatan eksternal bisa masuk ke dalam tubuh tanzhim harakah? Yaitu ketika bangunan tanzhim secara umum mengalami kelemahan;  keringnya ruh aqidah, baik di tingkat personil maupun qiyadah, dan beratnya beban maddiyah (materi) maupun ma’nawiyah (moril) yang harus dipikul.  Jadilah ia sebuah bangunan rapuh yang pintu-pintunya terkuak. Orangpun dengan leluasa masuk ke dalamnya untuk mewujudkan ambisi mereka dengan seribu satu cara.

Faktor penyebab ketujuh: Lemah atau bahkan tidak adanya wa’yu siyasi (kesadaran politik) dalam harakah. Sebuah harakah – di mana saja – apabila tidak memiliki wa’yu siyasi yang tinggi dan baik, tidak akan bisa hidup mengimbangi zaman;  tidak memahami kejadian yang ada di sekelilingnya, terkecoh oleh fenomena permukaan, lupa mengkaji apa di balik peristiwa, tidak mampu merumuskan kesimpulan-kesimpulan dari berbagai peristiwa global, tidak bisa membuat footnote setelah membaca teks, tidak mampu meletakkan kebijakan politik lokal berdasarkan kondisi-kondisi politik internasional, dan lain-lain kepekaan…

Apabila sebuah harakah memiliki kelemahan seperti itu, di saat mana arah politik demikian tumpang-tindih dan keserakahan demikian merajalela, yang nampak di permukaan tidak lagi sebagaimana isinya, maka ia akan menjadi harakah yang langkahnya terseok-seok, sikap-sikapnya kontradiktif dan mudah terbawa arus. Apabila sudah demikian, datanglah sang penghancur untuk memutuskan hukuman mati atasnya.

Ada hal penting dan mendasar dari analisis lanjutan oleh ustadz Fathi Yakan. Semua faktor kondisi yang dipaparkan di atas, secara lebih mendasar adalah buah dari pohon “politik mendominasi tarbiyah”. Iklim atau munakh dalam harakah lebih kental politik, yang bahkan sangat mempengaruhi bangunan sikap-perilaku jajaran kader dan qiyadahnya.

Semoga kita bisa mengambil pelajaran dan manfaat dari taushiyah yang disampaikan enam belas tahun silam untuk kebaikan dan kemajuan harakah dakwah kita di Indonesia. Aamiin. []

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun
loading...
loading...