ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Reuni 212 Punya Potensi Bangun Kekuatan Ekonomi Muslim

0

JAKARTA –Ketua Pimpinan Pusat al-Irsyad al-Islamiyah KH Abdullah Djaidi mengapresiasi Reuni Akbar 212 yang digelar di Monas, Jakarta, Sabtu (2/12/2017). Menurut dia, kegiatan tersebut dapat menjadi bukti kuatnya motivasi kaum Muslim di Tanah Air untuk bersatu sekaligus modal bagi kekuatan ekonomi umat.

“Reuni akbar itu menunjukkan semangat ukhuwah dan persatuan umat Islam Indonesia,” ujarnya seperti dikutip dari Republika, Ahad (3/12/2017).

Menurutnya, semangat dan kepedulian umat Islam untuk mengingatkan penguasa di negeri ini tidak akan pernah padam. Itu dibuktikan dengan banyaknya massa yang hadir dalam Reuni Akbar 212, kemarin. Oleh karenanya, dia menilai kegiatan reuni tersebut sekaligus menunjukkan besarnya kekuatan umat Islam sebagai salah satu entitas di negeri ini.

Namun, Abdullah juga mengingatkan agar motivasi persatuan umat yang terbangun lewat gerakan Reuni Akbar 212 jangan hanya terpaku pada masalah-masalah yang bersifat kekuasaan semata. Menurut dia, masih banyak persoalan lainnya yang membutuhkan kesadaran dan perhatian besar dari kaum Muslim Indonesia. Di antaranya adalah persoalan ekonomi dan sosial kemasyarakatan umat Islam yang saat ini menurutnya masih jauh tertinggal dibandingkan dengan kelompok-kelompok lainnya.

Abdullah menyebut, kekuatan ekonomi semacam itu harus dilakukan secara kolektif kolegial.

“Kekuatan besar yang terbentuk lewat Reuni Akbar 212 bisa menjadi modal membangun perekonomian umat secara kolektif kolegial. Jadi, jika para aktivis 212 mau bergerak memajukan ekonomi umat di daerahnya masing-masing, tentu potensinya akan sangat luar biasa,” ujar Abdullah.

Selama ini orang-orang Islam hanya jadi objek ekonomi dari orang-orang di luar Islam yang saat ini telah berhasil membangun kekuatan ekonomi mereka untuk jangka panjang. Maka, dibutuhkan kesadaran dan usaha yang sungguh-sungguh di kalangan kaum Muslim untuk membangun kekuatan ekonomi umat yang mandiri.

“Nah, saya melihat gerakan Reuni Akbar 212 punya potensi untuk memelopori pembangunan ekonomi umat tersebut. Jadi reuni jangan sekadar reuni,” ucapnya. []

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun
loading...
loading...