islampos
Media islam generasi baru

Kritik Trump, PM Kanada: Selamat Datang Pengungsi

Foto: Alarabiya
0

KANADA—Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau dilaporkan telah menyambut kedatangan para imigran ke Kanada pada Sabtu (28/1/2017). Trudeau menulis sambutan itu pada Twitter pribadinya. Sambtutan ini sungguh terbalik dengan Donald Trump yang justru melarang semua pengungsi dan Muslim bepergian ke AS, Alarabiya melaporkan pada Ahad (29/1/2017).

“Untuk semua orang yang melarikan diri dari penganiayaan, teror dan perang, Kanada akan menyambut Anda, terlepas dari apapun agama Anda. Keanekaragaman adalah kekuatan kita. #WelcomeToCanada,” tulis Trudeau yang diposting di Twitter.

Pesan itu datang sebagai kritik dan datang sehari setelah Donald Trump menandatangani perintah untuk menangguhkan kedatangan pengungsi Muslim. Trump juga menerapkan kontrol baru yang keras kepada wisatawan dari Iran, Irak, Libya, Somalia, Suriah dan Yaman untuk tiga bulan ke depan.

Sejak itu, wisatawan dari negara-negara mayoritas Muslim ini telah berhenti naik pesawat tujuan AS, sehingga memicu protes dan penahanan di bandara.

Beberapa orang tengah berada di udara ketika Trump menandatangani perintah dan mereka ditahan pada saat kedatangan, The New York Times melaporkan.

Pada Sabtu (28/1/2017), maskapai WestJet Kanada mengatakan akan mengurus para penumpang yang dicegah bepergian ke AS.

“WestJet akan mematuhi perintah ini. Jika terdapat warga negara asing dari negara-negara yang dilarang masuk AS dari WestJet yang ditolak masuk, kami akan mengembalikan uang mereka secara penuh,” ungkap pejabat perusahaan.

Kanada telah menerima lebih dari 39.670 pengungsi asal Suriah antara November 2015 dan awal Januari 2017, menurut angka yang dirilis pemerintah. []

loading...
loading...