ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Zakir Naik: Shalat Sudah Diajarkan dari Nabi Adam Hingga Nabi Isa

foto: Islamedia
0 314

BEKASI—Dalam ceramahnya di Stadion Patriot, Bekasi, Dr Zakir Naik menjelaskan bahwa soal rukun Islam yang kedua—yakni shalat—itu tidak hanya dicontohkan oleh Rasulullah saja, tapi semua nabi mengajarkannya. Hal itu pun disebutkan pula dalam Injil.

Menurut ahli perbandingan asal India tersebut, shalat dalam Bahasa Inggris berarti pray—yang dapat diterjemahkan menjadi mencari pertolongan. Dalam surah Al Ankabut ayat 45, Allah SWT memerintahkan hambaNya menunaikan shalat untuk mencegah manusia dari perbuatan keji dan munkar. Dalam Islam, shalat dikerjakan lima kali sehari.

Dalam surah Taha ayat 11-12, menjelaskan bahwa Musa AS dibimbing Allah untuk melepas alas kaki saat berada di Bukit Thuwa untuk bertemu Allah SWT. Jadi ini hal yang umum pula bagi seorang Muslim tidak beralas kaki saat menunaikan shalat. Islam juga mengharuskan wudhu sebelum seorang Muslim shalat.

”Tapi, kita boleh melepas sepatu maupun memakai sepatu saat shalat. Banyak Muslim yang tidak tahu soal ini. Sebab, Rasulullah minta Muslim membedakan diri dari Yahudi,” kata Zakir Naik.

Dalam kitab Injil, Musa juga melepas alas kakinya, membasuh tangan serta kaki sebelum bertemu pengikutnya untuk menyembah Allah. Shalat merupakan contoh terbaik persaudaraan Islam dan bagian terbaik dalam shalat adalah sujud.

”Psikolog bilang cara terbaik mengontrol diri adalah dengan meletakkan bagian paling tinggi dari tubuh ke tanah,” kata Zakir Naik.

Di kitab Injil, nabi-nabi juga menyembah Allah dengan bersujud, mulai dari Adam, Musa, Harun, hingga Isa.

”Yesus bersimpuh dan sujud kepada Allah. Semua nabi saat shalat, semua sujud dan berdoa kepada Allah,” pungkas Zakir Naik, seperti dikutip dari Republika, Ahad, (9/4/2017). []

Comments
Loading...