islampos
Media islam generasi baru

Yordania-Mesir: Masalah Palestina adalah Prioritas bagi Kita Semua

0

AMMAN – Yordania dan Mesir pada Rabu kemarin (8/2/2017) menegaskan kembali dukungan mereka untuk kepentingan nasional Palestina, dua hari setelah Israel mengadopsi UU yang melegalkan ribuan unit pemukiman di Tepi Barat yang diduduki.

“Masalah Palestina adalah prioritas bagi kita semua,” kata Menteri Luar Negeri Yordania, Ayman al-Safadi alam konferensi pers bersama yang diadakan dengan Presiden Mesir Sameh Shoukry di Amman.

Shoukry tiba di ibukota Yordania Selasa lalu untuk melakukan pembicaraan dengan para pejabat Yordania, Anadolu Agency melaporkan.

Dia dijadwalkan bertemu dengan Raja Abdullah II pada Rabu kemarin.

Kunjungannya terjadi satu hari setelah Knesset (parlemen Israel) secara retroaktif mensahkan sejumlah pos-pos Yahudi dibangun di atas tanah Palestina di Tepi Barat – yang dianggap ilegal berdasarkan hukum internasional.

“Kami mengutuk setiap tindakan sepihak yang merongrong solusi dua negara,” kata al-Safadi. “Pembangunan pemukiman Israel merupakan penghalang bagi upaya yang bertujuan menghidupkan kembali perdamaian.”

Shoukry, untuk bagian itu, mengatakan Kairo dan Amman bekerja sama untuk menjamin hak-hak sah rakyat Palestina, termasuk pembentukan negara Palestina.

Yordania dan Mesir adalah dua negara Arab yang memiliki hubungan diplomatik penuh dengan Israel.[fq/islampos]

loading...
loading...