ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Yang Enggan Masuk Surga

Foto: shalat-wajib.blogspot.co.id
0

Oleh: NS Risno

 

SEBAGAIMANA yang terdapat dalam sebuah hadits shahih yang diriwayatkan Imam Bukhari, dari Abu Hurairah Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Semua umatku nanti akan masuk surga kecuali yang enggan.”

Kita tentu bertanya-tanya, adakah orang yang enggan masuk surga? Setiap orang kalau ditanya apakah ingin masuk surga? Semua pasti akan menjawab ingin masuk surge, dan tidak ada yang tidak ingin masuk surga.

Di akhirat itu adanya hanya dua tempat, surga dan neraka. Kalau tidak masuk surga, berarti masuk neraka.

Surga adalah tempat yang penuh kenikmatan, luasnya sehamparan langit dan bumi, dan kenikmatanya belum pernah terlihat mata, terdengar telinga dan terbetik dihati.

Sedang neraka itu tempatnya azab dan siksa yang begitu mengerikan. Rasulullah menceritakan seringan-ringannya api neraka, jika diletakan dibawah telapak kaki seseorang, seketika otaknya akan mendidih.

Lantas bagaimana dengan orang yang enggan masuk surga?

Sahabat kemudian bertanya, “Siapa orang yang enggan masuk surga, ya Rasulullah?  Beliau kemudian menjawab, “Siapa saja yang mentaatiku ia masuk surga. Dan siapa yang mendurhakaiku sungguh ia telah enggan masuk surga.”

Sebagaimana yang dituturkan Rasulullah, orang yang mendurhakai Rasulullah adalah mereka yang ingkar kepada beliau. Tidak taat kepadanya, perintahnya tidak dilaksanakan larangannya tidak di tinggalkan. Mengakui Muhammad sebagai  Nabinya, namun tidak menjadikan beliau sebagai imam dalam hidupnya. Mereka itulah orang orang yang enggan masuk surga.

Untuk masuk surga itu  ada jalan yang harus ditempuh, ada syarat-syarat yang harus dipenuhi. Jika orang bersedia untuk menempuh jalannya dan memenuhi syarat syaratnya, niscaya ia akan masuk surga. Namun jika enggan menempuh jalannya, enggan memenuhi syarat-syaratnya mustahil ia bisa masuk surga.

Dan taat kepada Rasulullah adalah jalan untuk menuju surga. Syarat untuk bisa masuk surge, yakni “Siapa yang mentaatiku ia masuk surga, dan siapa yang mendurhakaiku sungguh ia telah enggan masuk surga”.

Allah berfirman, “Barangsiapa mentaati Rasul (Muhammad) maka sesungguhnya dia telah mentaati Allah. Dan barangsiapa berpaling (dari ketaatan itu), maka (ketahuilah) Kami tidak mengutusmu (Muhammad) untuk menjadi pemelihara mereka,” (QS : An -Nisa 80).

Dan Allah sudah berjanji ,

“Barangsiapa taat kepada Allah dan Rasul-Nya, Dia akan memasukannya ke dalam surga surga yang mengalir dibawahnya sungai sungai, mereka kekal didalamnya.Dan itulah kemenangan yang agung,” (QS : An-Nisa 13).

Kita memohon kepada Allah, semoga kita bukan termasuk golongan orang yang enggan masuk surga.   Wallahu a’lam. []

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun
loading...
loading...