ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Yang Biasa Dilanggar ketika Baru Bangun Tidur

0

Advertisements

DALAM agama Islam, semua hal bisa menjadi ibadah jika diniatkan untuk beribadah kepada Allah Subhanallahu Wata’ala. Salah satu yang bisa menjadi ibadah adalah tidur. Selain akan membuat kita jadi segar, tidur juga merupakan sebuah karunia besar untuk kita.

Dan luar biasanya Islam, tidak hanya ketika, dan sedang, bahkan bangun tidur pun bisa menjadi pahala.  Namun sayangnya, banyak di antara kita yang tidak tahu adab ketika bangun tidur sehingga melanggar larangan yang telah diperingatkan Nabi Muhammad shalallahu alaihi wasallam.

BACA JUGA: Sebelum Tidur, Amalkan Dulu Adab-Adabnya

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jika salah seorang di antara kalian berwudhu, maka hendaklah ia menghirup air ke dalam hidung lalu ia menghembuskan keluar. Siapa saja yang beristijmar (membersihkan kotoran saat buang hajat dengan menggunakan batu), hendaklah ia menggunakan batu berjumlah ganjil. Jika salah seorang di antara kalian bangun dari tidurnya, hendaklah ia cuci tangannya sebelum ia celupkan ke dalam bejana, mencucinya sebanyak tiga kali dahulu, karena salah seorang di antara kalian tidak tahu ke mana tangannya bermalam semalam.”

Related Posts

Dalam lafazh Muslim disebutkan, “Hendaklah ia menghirup air dengan kedua lubang hidungnya.”

BACA JUGA: Ditindih Makhluk Halus Saat Tidur

Dalam lafazh lain disebutkan pula, “Barangsiapa yang berwudhu, hendaknya ia menghirupkan air ke lubang hidungnya.” (HR. Bukhari, no. 162 dan Muslim, no. 278).

Dari hadits ini dapat kita ketahui bahwa agama Islam sangat mementingkan kebersihan. Dan seperti kita tahu, kebersihan bisa mendatangkan kesehatan bagi tubuh kita. []

SUMBER: RUMAYSHO

Artikel Terkait :

loading...
loading...

Sponsored

Maaf Anda Sedang Offline