Waspadai 7 Bahaya Dehidrasi Saat Berpuasa

0

BERPUASA berarti menahan untuk tidak makan dan minum. Namun ada hal patut diperhatikan saat berpuasa yakni bahaya kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi. Bahkan dehidrasi kronis akan terjadi ketika tubuh terus kekurangan cairan yang diperlukan.

Anehnya, saat dehidrasi kronis bisa membuat tubuh kehilangan kepekaan terhadap kekurangan air, hingga tidak akan merasa haus meskipun tubuh Anda membutuhkan lebih banyak air.

Dehidrasi kronis tidak separah dehidrasi ekstrim dan tidak akan menyebabkan Anda pingsan atau demam. Tetapi dehidrasi jangka panjang dapat berdampak buruk pada kualitas hidup Anda. Berikut tujuh risiko kesehatan akibat dehidrasi berkepanjangan:

1.Kulit kering

Salah satu cara paling efektif untuk mengetahui apakah seseorang menderita dehidrasi kronis adalah dengan melihat kulitnya. Jika kulitnya terkelupas, retak, kusam, dan kering sepanjang waktu, kemungkinan besar harus mulai minum lebih banyak air.

2.Masalah hati dan disfungsi usus

Tidak minum cukup air dapat menyebabkan organ hati Anda tidak berfungsi. Liversupport.com menyatakan bahwa dehidrasi menyebabkan racun menumpuk di dalam tubuh karena buang air kecil yang jarang.

Racun-racun itulah yang menghambat fungsi organ hati. Padahal tugas hati adalah menyaring racun dalam darah. Tetapi jika orang tersebut mengalami dehidrasi dan darah terlalu kental, maka hati tidak dapat menyaring dengan benar, yang dapat menyebabkan masalah besar.

3.Sembelit

Sama seperti sisa tubuh kita, kotoran kita terutama terdiri dari air. Ketika tinja Anda bergerak ke usus besar, reabsorpsi air dari tinja terjadi.

Tetapi ketika tubuh mengalami dehidrasi, kolon menyerap lebih banyak air daripada yang seharusnya, mengurangi sebagian besar tinja yang tersimpan di usus besar. Berarti dibutuhkan lebih lama untuk kotoran bergerak melalui usus besar.

Jika Anda mengalami konstipasi terlalu lama, bakteri berlebih mulai terbentuk di usus besar. Ketika dibiarkan di sana, usus besar dapat menyerap kembali bakteri dan kotoran yang ingin dibuang oleh tubuh Anda. Mengerikan dan jorok kan? Makanya segeralah penuhi kebutuhan tubuh akan air.

Related Posts
1 of 6

4.Kram otot

Berolahraga dan berkeringat tanpa mengganti cairan yang hilang adalah awal bencana. Seperti yang disebutkan sebelumnya, darah harus mengambil cairan dari bagian tubuh lain ketika kekurangan air. Ini membuat darah lebih kental dan tubuh kurang berfungsi dengan benar.

Darah yang bergerak lambat mungkin tidak dapat mencapai otot pada waktunya, sehingga menyebabkan kram.

5.Kelelahan

Ketika kehilangan cairan melalui keringat, sering buang air kecil, diare atau muntah, kita harus berusaha menjaga agar darah tetap cair. Ketika cairan tidak diganti, darah menjadi kental dan jantung harus bekerja lebih keras untuk mengirim oksigen ke organ utama. Hasilnya bisa membuat kelelahan.

Batu ginjal bisa sangat menyakitkan dan hanya bisa dicegah dengan mengubah pola makan seseorang. ”Hal yang paling mudah dilakukan adalah tes urin,” kata

6.Mulut kering dan bau mulut

Menurut Dr. John Higgins, ketika Anda terus-menerus mengalami dehidrasi, mulut Anda tidak menghasilkan cukup air liur. Air liur Anda memiliki sifat antibakteri dan dapat membunuh kuman penghasil bau ketika Anda terhidrasi dan sehat.

“Jika Anda tidak menghasilkan cukup air liur Anda mungkin akan mengalami pertumbuhan berlebih bakteri dan salah satu reaksi sampingnya adalah bau mulut akibat dehidrasi kronis,” kata Dr. Higgins.

7.Jarang buang air kecil dan batu ginjal

Semakin sedikit air yang Anda minum, semakin sedikit Anda buang air kecil. Semakin sedikit Anda kencing, semakin besar kemungkinan batu ginjal terbentuk. Batu ginjal adalah penumpukan mineral di urin, yang disebabkan oleh dehidrasi dan dipercepat oleh asupan kafein dan natrium. Dr David Ludlow, seorang ahli bedah urologi di Urologi Spesialis Nevada. “Jika urin Anda bersih, Anda baik-baik saja. Tetapi jika gelap, maka tingkatkan asupan air Anda.”

Selalu periksa warna urin Anda untuk melihat seberapa terhidrasi Anda – semakin terang warnanya semakin baik. []

SUMBER: HALALLIFESTYLE

loading...
loading...
Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline