ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Waspada Keranjingan Junk Food

Foto: NDTV
0

MAKANAN cepat saji kini semakin mudah dinikmati setiap orang. Enak, ramah kantong dan modern menjadi alasan banyak orang menikmati makanan khas Barat ini. Namun perlu diketahui beberapa makanan cepat saji atau Junk food ternyata banyak mengandung gula, terutama gula buatan yang tentunya akan merugikan kesehatan.

Gula buatan tidak baik bagi kesehatan karena bisa menyebabkan penyakit diabetes, kerusakaan gigi, serta obesitas. Junk food juga mengandung banyak satured fat atau lemak jenuh.Lemak ini berbahaya untuk tubuh karena dapat merangsang hati untuk memproduksi banyak kolesterol. Lemak jenuh umumnya akan menjadi padat pada suhu kamar.

Kolesterol sendiri dapat diperoleh lewat dua cara. Ada yang dihasilkan oleh tubuh dan ada yang berasal dari produk hewan yang dimakan. Oleh karena itu, idealnya tidak perlu lagi menambahkan kolesterol untuk masuk dalam tubuh karena  tubuh sudah menghasilkan kolesterol.

Kolesterol banyak terdapat dalam daging merah, daging ayam, ikan, telur, mentega, susu, , dan keju. Sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian sama sekali tidak mengandung kolesterol. Dalam jumlah banyak, kolestrol dapat menutup saluran darah dan oksigen yang seharusnya mengalir ke seluruh tubuh.

Hal ini sangat berbahaya jika aliran darah dan oksigen yang masuk ke otak menjadi mampat. Di samping itu, tingginya jumlah satured fat akan menimbulkan kanker, terutama kanker usus dan kanker payudara. Kanker payudara merupakan pembunuh terbesar setalah kanker usus. Lemak dari daging, susu, dan produk-produk susu merupakan sumber utama dari satured fat. []

loading...
loading...