islampos
Media islam generasi baru

Warga AS Demo Tolak Pencabutan UU Kesehatan Obamacare

Foto: KPBS
0

WASHINGTON – Pendukung Obamacare menggelar aksi demonstrasi di seluruh Amerika Serikat untuk memprotes upaya Partai Republik yang mencabut dan menggantikan UU kesehatan tersebut.

Demonstran turun ke jalan di Washington, Chicago, Los Angeles dan di tempat lain pada hari Kamis (23/3/2017). Aksi ini menandai peringatan tujuh tahun Undang-Undang Kesehatan Amerika yang umumnya dikenal sebagai Obamacare.

Kongres AS dijadwalkan akan menggelar pemilihan terkait undang-undang pengganti Obamacare. Namun, pemungutan suara itu ditunda setelah Presiden Donald Trump dan pemimpin partai Republik tidak bisa mendapatkan dukungan penuh 215 orang.

Trump sendiri sudah memberi ultimatum kepada anggota parlemen dari Republik. Ia menuntut pemungutan suara terkait undang-undang pengganti yakni American Health Care Act (ACHA) hari Jumat ini.

Banyak pendukung Obamacare, yang dipandang oleh banyak orang sebagai prestasi domestik mantan presiden Barack Obama, menyatakan keprihatinan yang mendalam tentang hasil perdebatan kesehatan di Kongres.

“Saya merasa sakit hari ini, tapi saya tetap datang ke sini karena saya khawati Obamacare akan dicabut,” kata Steve Martin (27 tahun), yang didiagnosis menderita kanker tahun lalu.

“Para legislator memiliki kesehatan yang terbaik di dunia, dan kami layak mendapatkan hal yang sama,” kata Martin kepada Reuters.

Banyak anggota Kongres, termasuk Partai Republik yang moderat, khawatir bahwa pencabutan UU kesehatan tanpa pengganti yang layak ini akan menyebabkan jutaan orang Amerika tanpa jaminan kesehatan.

Kantor Anggaran Kongres telah memperingatkan bahwa 24 juta orang Amerika akan kehilangan asuransi mereka jika RUU Partai Republik disahkan menjadi UU. [fq/islampos]

loading...
loading...