ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Wakil Ketua PKS: MK Dapat Ciptakan Norma Baru

0

Advertisements

JAKARTA–Wakil Ketua Fraksi PKS, Aboebakar Alhabsyi menyatakan jika ada pemikiran bahwa MK hanya memiliki negatif legislator, saya kira tidak sepenuhnya benar. Banyak putusan MK yang ternyata membentuk norma baru.

“Sebenarnya banyak putusan MK yang dapat membentuk norma baru,” katanya melalui siaran pers yang diterima Islampos.com, Selasa (19/12).

Dia menjelaskan, contohnya putusan 102 tahun 2009 MK juga membuat norma baru dengan memberikan hak mencoblos hanya dengan KTP dan paspor meskipun tidak terdaftar di DPT.

Related Posts
1 of 26

“Pada putusan lain MK juga mengatur bagaimana pembagian perolehan kursi pada tahap kedua. Ini membuktikan bahwa MK dapat membuat norma baru. Hal serupa juga terjadi saat MK memutus proses pemilihan Panwaslu di tahun 2010,” tuturnya.

Anggota Komisi III DPR ini menilai putusan MK yang berisi disenting opoinion ini sepertinya mengarahkan bola panas ke DPR dan Pemerintah agar diadopsi dalam RUU KUHP. Tentunya pembahasan ini akan sangat tergantung dengan dinamika politik sebagaimana disampaikan oleh hakim Arif dkk dalam disenting opinionnya.

“Oleh karenanya, kami di PKS siap mengawal aspirasi masyarakat ini dalam pembahasan RUU KUHP. Tentunya kami memerlukan masukan dukungan dari masyarakat, agar perbaikan tersebut bisa diserap dengan baik di KUHP,” pungkasnya. []

Reporter: Tommy

Artikel Terkait :

loading...
loading...

Sponsored

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline