ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Wakil Ketua DPR RI: Tahun Baru Hijriah, Momentum Menjaga Semangat Perubahan

Foto: Tribunnews
0

JAKARTA– Bertepatan dengan tahun baru Islam 1 Muharram 1439 H. Dalam momentum yang sangat penting ini, Wakil Ketua DPR Fadli Zon mengajak umat Islam di Indonesia untuk memaknai pesan inti dari peristiwa hijrah yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW.

“Pertama, saya mengucapkan selamat tahun baru 1439 hijriah. Pada kesempatan peringatan tahun baru hijriah ini, saya mengajak umat Islam di Indonesia agar menggunakan momentum ini untuk melakukan evaluasi diri, refleksi, dan melakukan langkah perubahan yang lebih besar pada tahun yang akan datang.” ujarnya.

Menurutnya, ijrah Nabi Muhammad SAW dari Mekah ke Madinah, mengandung semangat transformasi yang sangat besar. Peristiwa hijrah merupakan titik balik dalam sejarah peradaban Islam. Hijrah menjadi momentum perubahan bagi umat Islam, menuju bentuk kehidupan yang lebih damai, terhormat, dan bermartabat.

Sehingga, peristiwa hijrah tidak dapat dimaknai hanya sebatas peristiwa perpindahan fisik. Dari suatu daerah ke daerah lain. Namun, hijrah adalah semangat untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik di segala bidang. Semangat untuk mengubah kehidupan, dan semangat untuk memperbaiki keadaan. Nilai-nilai inilah yang harus menjadi inspirasi bagi umat Islam di Indonesia.

Karena itulah, meski negara kita sudah merdeka, namun semangat hijrah, semangat perubahan, tak boleh berhenti. Semangat perubahan harus terus dinyalakan.

“Sebagaimana yang al-Quran sampaikan, bahwa Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubahnya. Terlebih dengan jumlah populasi muslim terbesar di dunia, semangat perubahan yang terkandung dalam peristiwa hijrah, idealnya harus tetap menyala di Indonesia. Jangan sampai kita gagal meraih nilai-nilai hijrah.[]

loading...
loading...