islampos
Media islam generasi baru

Wahai Pelajar Putri, Dengarkanlah Nasihat Ini

0

JADIKAN usahamu dalam menuntut ilmu sebagai cara menolong agama dan bangga dengannya. Jadikan keluarmu menuntut ilmu sebagai ibadah kepada Allah SWT. Teruslah belajar dan mengulang-ngulang pelajaran. Dalam proses menuntut ilmu, hendaklah selalu menjaga kesucian diri, rasa malu, kebersihan dan kebersahajaan. Aku sampaikan nasihat yang perlu bagi para pelajar perempuan.

Pertama, ingatlah selalu bahwa kepergianmu menuntut ilmu itu adalah ibadah yang diperintahkan oleh agama. Rasulullah SAW bersabda, “Dunia itu terlaknat, terlaknat berada yang ada di dalamnya, kecuali mengingat Allah, belajar dan mengajarkannya.” Apapun jurusan yang engkau tekuni, baik itu di bidang syari’ah maupun ilmu umum, seperti fisika, kimia, kedokteran atau komputer, kamu harus menjaga keikhlasan. Itu bisa mengubah dari kebiasaanmu menjadi ibadahmu. Ia akan mengisi lembaran pahala kebaikan dari apa yang kamu pelajari.

Kedua, jagalah hijabmu di saat masuk dan keluar, di jalan, di sekolah karena hijab itu tidak bertentangan dengan ilmu. Tabarruj lah yang bertentangan dengan ilmu. Karena itu, membuka aurat diharamkan secara syariat dan mendapat celaan secara kekal. Sudah banyak yang kita lihat di negara barat lainnya akibat yang ditimbulkan dari tabarruj, seperti banyaknya penyakit AIDS. Renungkanlah!

Ketahuilah hijab itu tidak bertentangan dengan kecantikan dan tidak mengurangi harga dirimu. Dengan hijab, kita terjaga dan tertutup karena itu tidak akan membuka taring singa bagi yang sudah tidak sehat lagi akalnya dan yang sudah dikuasai setan. Ingatlah selalu bentuk hijab, ia mempunyai sifat yang khusus tidak ikut perkembangan mode. Ia tetap teguh, seperti tetapnya gunung dan ketetapannya tetap dalam kitab dan sunnah.

Sedangkan, yang berkenaan dengan ilmu adalah berikut:

Pertama, belajarlah dahulu sebelum pelajaran diterangkan.

Kedua, atur waktumu dengan membuat jadwal harian. Buatlah perencanaan untuk mengulang pelajaran, menambah wawasan, waktu ziarah, untuk ibadah, dan lainnya sehingga tidak bercampur dengan pekerjaan lainnya.

Ketiga, dengarkan penjelasan di dalam kelas dan tanyakan permasalahan rumit dalam pelajaran.

Keempat, bersungguh-sungguhlah dan memiliki semangat yang tinggi dalam mencari ilmu.

Kelima, meminta pertolongan kepada Allah SWT untuk ilmu dan pemahaman.

Sumber: Bermalam di Surga/ Dr. Hasan Syam Basya/ Gema Insani

loading...
loading...