ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Wah, Rezeki juga Ada Tingkatannya Lho!

Foto: current observations
0 317

BERBICARA masalah rezeki, tentu akan menjadi salah satu hal yang begitu penting dalam hidup kita. Mengingat, biasanya kita terpokus pada materi. Dimana materi dianggap bisa memenuhi segala kebutuhan untuk menyambung hidup. Maka, untuk memperolehnya, Allah Subhanahu wa Ta’ala memerintahkan kita untuk tidak berdiam diri.

Ya, rezeki tidak akan datang dengan sendirinya. Kita harus berusaha menjemputnya. Dan bekerja, menjadi salah satu cara yang bisa kita lakukan. Meski begitu, rezeki yang akan diterima oleh setiap orang berbeda-beda. Mengapa?

Sebab, dalam hal rezeki ternyata memiliki beberapa tingkatannya. Ya, dilansir dari kumpulanmisteri.com bahwa ada empat tingkatan rezeki yang diberikan Allah Subhanahu wa Ta’ala untuk makhluk-Nya. Apa sajakah itu?

1. Rezeki Tingkat Pertama
Dalam QS. Hud ayat 6 dijelaskan bahwa Allah Subhanahu wa Ta’ala telah menjamin rezeki semua makhluk yang ada di bumi. Yaitu berupa makan, minum, dan kesehatan. Jadi tidak ada makhluk di dunia ini yang kekurangan makan atau minum.

2. Rezeki Tingkat Kedua
Rezeki selanjutnya adalah rezeki yang diberikan sesuai dengan apa yang diusahakan atau apa yang telah dikerjakan oleh manusia. Jadi jika seseorang bekerja dengan lebih giat dan rajin maka dia akan memperoleh rezeki yang lebih besar juga sesuai dengan porsi pekerjaan yang telah dikerjakannya, inilah sebab-sebab datangnya rezeki. Rezeki ini tidak memandang manusia tersebut seorang muslim atau kafir. Hal ini telah dijelaskan dalam QS. An-Naml ayat 39 bahwa manusia akan memperoleh rezeki sesuai dengan yang telah diusahakannya.

3. Rezeki Tingkat Ketiga
Rezeki untuk tingkatan yang ketiga adalah rezeki bagi seorang hamba yang disayangi Allah Subhanahu wa Ta’ala. Allah akan menambah rezeki seorang hamba yang selalu bersyukur dan akan memberikan azab yang pedih bagi seorang hamba yang mengingkari semua rezeki yang telah diterimanya.

Seseorang yang selalu bersyukur akan lebih tentram dan bahagia, selain itu semua kebutuhannya akan selalu dicukupkan oleh Allah. Sehingga mereka tidak pernah merasa kekurangan. Berbeda dengan seseorang yang tidak pernah bersyukur. Maka, meskipun telah memiliki harta melimpah maka dirinya masih merasa kekurangan hingga melakukan perbuatan kriminal seperti korupsi. Inilah penghambat datangnya rezeki yang harus diketahui oleh setiap muslim. Penjelasan ini sesuai dengan QS. Ibrahim ayat 7.

4. Rezeki Tingkat Keempat
Rezeki selanjutnya adalah rezeki yang hanya diperuntukkan bagi setiap manusia yang beriman dan bertakwa kepada Allah. Setiap hamba yang bersungguh-sungguh beriman dan bertakwa kepada Allah maka Allah menjamin rezekinya di dunia dan jaminan surga kelak di akhirat. Sungguh beruntung bagi setiap muslim yang senantiasa beriman dan bertakwa kepada Allah dengan sepenuh hati. Hal ini sesuai dengan QS. At-Thalaq ayat 2-3. []

Comments
Loading...