Wah, Pria Ini Dirikan Masjid Berbentuk ‘Kapal Nabi Nuh’

Foto: Kemenpar
0

BANGUNAN masjid biasanya didesain tidak jauh berbeda seperti pada umumnya. Namun tahukah anda, ternyata ada juga masjid yang dirancang seperti kapal nabi Nuh?

Masjid unik ini terletak di kampung pinggiran Semarang wilayah Barat. Tepatnya di Jalan Kyai Padak, Podorejo, Ngaliyan, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Bentuknya identik dengan sebuah bahtera yang memanjang, ia memiliki tiga lantai dengan luas bangunan sebesar 2.500 meter persegi. Masjid itu, memiliki bentuk seperti kapal besar yang lengkap dengan jendela berbentuk bulat, puritan, haluan, dan aksesoris yang identik ada pada kapal lainnya.

Keunikan lainnya dari masjid itu, yakni karena lokasinya yang berada di tengah area hutan dan sawah. Masjid ‘Kapal Nabi Nuh’ menjadi oase tersendiri bagi para pengunjung.

Saking uniknya masjid ini, ia kemudian menjadi viral di media sosial. Lantas, siapa yang membangun masjid tersebut? Kenapa ia ingin membangun masjid yang seperti kapal nabi nuh?

Adalah Kyai Achmad, laki-laki paruh baya ini adalah sosok dibalik berdirinya masjid Kapal Nabi Nuh ini. Kyai Achmad merupakan ulama Semarang, yang juga seorang guru agama. Proyek pembangunan masjid itu, ia amanahkan kepada Husein–orang yang dipercaya sang kyai untuk mendirikan masjid Kapal Nabi Nuh itu.

Husein menjelaskan bahwa kyai Achmad mempunyai mimpi untuk membuat masjid yang sama persis dengan kapal Nabi Nuh.

“Jadi sambil mengingat sejarah, untuk kembali mengajak mengingat Tuhan, maka dibuatlah masjid ini. Proses pembangunan sudah 90 persen,” kata Husein, seperti dikutip dari Dream.

Masjid ini nantinya akan dinamai As-Safinatun Najah oleh pemiliknya. Bangunan klinik akan didirikan di sebelah kiri masjid, dan asrama putri di belakangnya.

Selama pengerjaan pembangunan masjid Kapal Nabi Nuh, proyek itu telah melibatkan sebanyak 40 tukang, dan sudah berlangsung selama 1,5 tahun. Pembangunan masjid telah menelan biaya hingga 5,5 miliar rupiah.

Sementara itu, Kabid Pembinaan Industri Pariwisata Kota Semarang Giarsito Sapto, menyambut baik berdirinya masjid tersebut. Ia meyakini bahwa Masjid Kapal Nabi Nuh, akan mempunyai daya tarik tersendiri bagi wisatawan religi. []