Wacana Trump Pindahkan Kedubes AS dari Tel Aviv ke Yerusalem Provokatif

0

PARIS – Salah satu rencana presiden terpilih AS, Donald Trump untuk memindahkan kantor kedutaan Amerika Serikat di Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem makin mendapatkan penentangan, lapor BBC.

Wacana pemindahan kedutaan AS dari Tel Aviv mengemuka sejak beberapa bulan terakhir dan secara terbuka Trump mengatakan dirinya mendukung 100% sebagai salah satu bentuk komitmen hubungan baik antara Washington dan Israel.

Menteri Luar Negeri Prancis, Jean-Marc Ayrault, menyebut rencana pemindahan kantor kedutaan AS ke Yerusalem sebagai tindakan provokasi dan ancaman terhadap upaya mewujudkan solusi dua negara guna menyelesaikan konflik Israel-Palestina.

Berbicara pada akhir pertemuan perdamaian Timur Tengah di Paris hari Ahad lalu, Ayrault mendesak Presiden terpilih AS, Donald Trump, untuk tidak menerapkan rencana ini sebelum perundingan damai putaran baru disepakati.

Ia menegaskan bahwa pemindahan kedutaan AS ke Yerusalem akan memicu gelombang kekerasan baru di Timur Tengah.

Konferensi mengenai Timur Tengah di ibu kota Prancis, Paris, ditutup dengan penegasan kembali komitmen masyarakat internasional terhadap solusi dua negara antara Israel dan Palestina.

Masyarakat internasional, termasuk AS, hanya mengakui Tel Aviv sebagai ibu kota Israel dan semua kantor kedutaan asing berada di kota ini.[fq/islampos]

loading...
loading...

You might also like More from author

Comments

Loading...