islampos
Media islam generasi baru

Wabah Meningitis Meluas, 813 Warga Nigeria Meninggal

Foto: Reuters
0

NIGERIA–Korban jiwa akibat wabah meningitis di Nigeria terus bertambah. Sepanjang tahun ini, setidaknya 813 orang meninggal dunia akibat penyakit yang menyerang otak dan sumsum tulang belakang tersebut.

Menteri Kesehatan Nigeria Isaac Adewole mengatakan pemerintah setempat telah sepakat menyisir rumah-rumah warga di Nigeria untuk meminimalisir jumlah korban jiwa akibat Meningitis.

“Untuk mengidentifikasi orang-orang yang menderita meningitis, lalu divaksinasi dan diberikan perawatan,” kata Adewole dilansir Reuters, Rabu (26/4/2017).

Berdasarkan data dari Nigeria Center for Disease Control (NCDC), Afrika Barat pada bulan April telah menggencarkan kampanye vaksinasi massal sebagai bagian dari tanggap darurat terhadap wabah Meningitis.

Jumlah korban jiwa akibat Meningitis tahun ini lebih tinggi dibanding tahun lalu yang menewaskan 33 orang. Namun pada 2009, jumlah warga yang meninggal jauh lebih mengerikan, mencapai lebih dari dua ribu jiwa.

BACA JUGA:
Ulama Nigeria: Hanya Muslim yang Bisa Lawan Terorisme
Jika Lakukan KDRT, Pejabat di Nigeria Dipastikan jadi Pengangguran!
Pengadilan Nigeria Tolak Larangan Jilbab di Sekolah

 

Layanan kesehatan yang terbatas di sejumlah wilayah pedesaan di Nigeria adalah salah satu penyebabnya. Sebagian besar orang bertahan hidup dengan biaya kurang dari 2 dolar AS per hari.

Meningitis adalah penyakit yang disebabkan oleh peradangan pada selaput pelindung yang menutupi saraf otak dan tulang belakang. Peradangan ini disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri yang biasanya ditularkan melalui air liur. []

Sumber:Kumparan

loading...
loading...