Utusan PBB Tiba di Gaza, Ini Tanggapan Analis Politik Palestina

0

PALESTINA—Koordinator Khusus PBB untuk Proses Perdamaian Timur Tengah Nikolay Mladenov telah tiba di Jalur Gaza pada Senin (9/4/2018). Ia masuk melalui persimpangan Beit Hanoun (Erez) di tengah pembicaraan tentang gerakan internasional untuk mengekang Aksi Pawai Kepulangan Akbar.

Analis politik Palestina Saleh al-Na’ami mengatakan, dalam komentarnya tentang kunjungan itu, “Mladenov tidak datang ke Gaza kecuali dia memiliki proposal yang dimaksudkan untuk menyelamatkan Israel dari jalan buntu yang telah dicapai.”

“Kami tidak memiliki informasi tentang kunjungan ini. Tapi kami sadar apa yang terjadi di sekitar,” kata al-Na’ami dalam wawancara dengan Quds Press.

Al-Na’ami menunjukkan bahwa Pawai Kepulangan Akbar telah membuat perubahan besar dalam konflik. Ia menjelaskan bahwa baik Israel dan AS khawatir bahwa protes dapat meluas ke Tepi Barat dan memengaruhi pemindahan kedutaan AS dari Tel Aviv ke Yerusalem.

Al-Na’ami percaya bahwa Aksi Kepulangan Akbar telah mempermalukan Israel di tingkat politik, keamanan dan militer. Itu sebabnya Israel berusaha semaksimal mungkin untuk menghentikan demonstrasi di Gaza.

Pejabat Palestina menyerukan pembentukan kepemimpinan yang mewakili Aksi Protes dan merumuskan serangkaian tujuan politik gerakan untuk melindunginya dari tekanan eksternal.

Dia menambahkan bahwa melanggar pengepungan Gaza dan menggagalkan ‘deal of century’ yang bertujuan melikuidasi isu-isu sentral Palestina, yang paling penting hak untuk kembali, harus berada di atas tujuan aksi pemulangan kembali. []

SUMBER: PIC

loading...
loading...
Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline