ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Usaha Berkah dan Sukses, Ini Kuncinya (1)

0

BANYAK orang yang ingin membuka usaha, tetapi sulit untuk memulai. Hal ini disebabkan karena adanya rasa takut akan kegagalan. Padahal, menjadi seorang pengusaha yang sukses itu harus berani untuk gagal. Sebab, kegagalan merupakan awal dari sebuah kesuksesan. Tentunya, kita harus mempersiapkan mental yang kuat untuk menghadapi kenyataan itu.

Ketika kita sudah memberanikan diri untuk membuka usaha, maka jangan hanya sekadar usaha. Anda juga perlu melakukan trik-trik khusus untuk mensukseskan usaha Anda. Nah, sebagai seorang muslim, sukses aja tidak cukup. Perlu juga adanya keberkahan yang diperoleh dari usaha kita. Tapi, bagaimana caranya?

Ada rahasia di balik kesuksesan dan keberkahan suatu usaha. Mau tahu? Ini dia lima rahasianya!

Rahasia ke-1: Memahami Ilmu Teknis Bisnis Anda

Ini sebenarnya penting, kita memang harus mengetahui hal-hal teknis dalam menjalankan bisnis kita. Tapi yang salah adalah Anda hanya fokus pada hal teknis tetapi melupakan ilmu lainnya yang justru lebih penting.

Memang, Anda sebagai seorang pebisnis tidak harus mengurusi hal-hal teknis. Tetapi tetap harus difahami, karena keputusan-keputusan Anda, membangun sistem, memberikan delegasi, dan sebagainya dalam bisnis perlu pemahaman tentang hal-hal teknis tadi.

Saat memulai mungkin semuanya Anda lakukan sendiri, sehingga jika Anda mau berjualan bakso, setidaknya Anda mengetahui tentang cara meracik semangkuk bakso yang enak. Saat mulai, Anda yang menyajikannya sendiri, tetapi jangan keterusan, hanya saat memulai agar bisnis Anda mulai jalan.

Di antara banyaknya penjual bakso (sendiri) ada yang berubah menjadi pebisnis bakso yang besar. Merknya terkenal, punya tempat bagus, dan sudah punya cabang. Atau ada juga yang menjadi juragan bakso dengan ratusan grobak yang beroperasi. Sementara ada saja yang sudah sekian lama terus menjadi penjual bakso. Apa yang membedakannya?

Keempat ilmu berikutnyalah yang akan membedakan mereka, siapa yang akan berkembang atau siapa saja yang terus menjadi tukang bakso sendirian.

Bisnis membuat dan menjajakan bakso saja tidak cukup untuk membesarkan bisnis bakso.

Rahasia ke-2: Memahami Ilmu Menjalankan Bisnis

Jika Anda mau bisnis bakso, tidak cukup hanya bisa membuat bakso atau menyajikannya. Kita membutuhkan ilmu menjalankan bisnis. Ilmu menjalankan bisnis meliputi pemasaran, manajemen (sistem), leadership, dan strategi bisnis.

Jadi tidak cukup hanya bisa membuat bakso, Anda membutuhkan ilmu lainnya. Pertama tentang pemasaran, apa yang membedakan bakso Anda dengan bakso lainnya? Bagaimana cara menjangkau lebih banyak pelanggan? Bagaimana agar pelanggan Anda terus bertambah? Bagaimana cara memuaskan pelanggan? Dan sebagainya. Ini bisa Anda lakukan jika Anda memahami pemasaran.

Selanjutnya bagaimana agar rasa bakso Anda tidak berubah? Bagaimana agar produksi bisa terjaga dari segi kualitas dan kuantitas? Bagaimana agar siapa pun yang menyajikan bakso tetap enak rasanya? Nah ini membutuhkan ilmu tentang sistem bisnis. Anda harus belajar.

Termasuk ilmu memimpin, karena bisnis itu adalah tim. Bukan bisnis jika segalanya Anda lakukan sendiri. Sudahkan Anda bisa memimpin?

Inilah yang memungkinkan bisnis Anda berkembang. Pemasaran kuat, ada sistem, ada tim, dan Anda sebagai owner bisnis bisa memimpin anak buah Anda. []

 

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun
loading...
loading...