ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Untuk Akhiri Embargo, Qatar Diminta Penuhi 13 Tuntutan

Foto: Google
0

KUWAIT—Untuk mencabut embargo terhadap Qatar, negara-negara Arab meminta 13 tuntutan yang harus dipenuhi pihak Doha.

Ke-13 tuntutan negara-negara Arab itu, termasuk Mesir, telah diserahkan ke Kuwait sebagai mediator konflik antara negara-negara tersebut.

Dari ke 13 tuntutan itu, salah satunya Qatar diminta harus menutup kantor berita Al Jazeera, mengakhiri hubungan diplomatiknya dengan Iran, dan menutup pangkalan militer Turki di Qatar.

Tuntutan selanjutnya, Qatar diminta untuk mengakhiri hubungannya dengan semua organisasi yang dianggap pelaku ataupun pendukung terorisme seperti Ikhwanul Muslimin, HiZbullah, dan Hamas.

Lalu Qatar dituntut untuk menolak pengajuan naturalisasi kewarganegaraan dari warga negara negara-negara Arab yang tinggal di Qatar selama ini. Qatar diminta untuk mendeportasi mereka dari sana.

Selain itu, Qatar juga diminta untuk menyerahkan semua individu yang dicari oleh empat negara Arab yang mengeluarkan 13 tuntutan.

Qatar sendiri diberi waktu selama 10 hari untuk memenuhi 13 tuntutan dari negara-negara Arab dan Mesir itu.
Jika Qatar menyetujui 13 daftar tuntutan negara-negara Arab itu, maka akan dilakukan audit terhadap 13 tuntutan itu setiap bulan di tahun pertama dan sekali per empat bulan untuk tahun kedua.

Jika berjalan mulus, 10 tahun kemudian audit terhadap Qatar akan dilakukan setahun sekali.

Namun sejauh ini Qatar belum merespons tuntutan dari negara-negara Arab yang dikirimkan melalui Kuwait tersebut. []

Sumber: Reuters.

loading...
loading...