islampos
Media islam generasi baru

Uniknya Masjid Raya Zagreb; Miliki Menara bak Pensil Raksasa

Foto: Wikipedia
0

ZAGREB adalah ibu kota negara Kroasia. Layaknya di negara-negara lainnya, Zagreb juga memiliki sebuah Masjid Raya yang cukup unik. Masjid raya Zagreb secara keseluruhan mengikuti gaya bangunan masjid-masjid di zaman Kesultanan Turki Utsmani. Ciri-ciri ini tampak dari bentuk menaranya yang runcing layaknya sebuah pensil raksasa.

Menara tersebut memiliki tinggi 51 meter. Adapun eksperimen arsitektur modernis tampak jelas pada bagian kubahnya. Bentuk kubah tersebut adalah kerucut segitiga sama kaki, Shabestan melaporkan pada Rabu (13/9/2017).

Namun, kubah berwarna hijau-gelap ini dipecah menjadi tiga. Masing-masing bagiannya tidak memiliki tinggi yang sama.

Kemudian, bagian yang menghadap kiblat lantas menjadi bagian mihrab dan dasarnya menyentuh permukaan tanah. Selain kubah, denah masjid ini juga menerapkan gaya khas modernis. Bentuk Masjid Raya Zagreb kalau dilihat dari angkasa mendekati oval.

Keindahan berlanjut ke bagian dalam Masjid Raya Zagreb. Masjid ini terdiri atas dua lantai. Pada pinggiran birai lantai dua, per mukaan dindingnya dilapisi keramik biru. Untaian kaligrafi ayat-ayat Al-Qur’an terpampang menawan pada keramik tersebut.

Ada pula corak tanaman menjalar yang ikut menghiasi kaligrafi itu. Lantai di ruang an shalat Masjid Raya Zagreb dilapisi karpet hijau. Namun, itu ditambahi pula dengan belasan permadani merah yang termasuk produk khas Kroasia. Kemudian, bagian mihrab masjid ini lengkung dalam kubah.

Di permukaan dindingnya, terukir kaligrafi ayat suci Al-Qur’an. Warnanya putih gading, sehingga menampakkan kesan elegan.

Meski mengusung tema modernis, Kompleks Masjid Raya Zagreb tidak sepi dari nuansa natural. Kompleks rumah ibadah ini berada di tengah kawasan padang rum put dan taman publik. Di arah barat daya, terdapat lahan yang ditumbuhi rimbun pepohonan. Adapun di sebelah utara, terdapat lapangan sepak bola yang terbuka.

Lalu, di sisi timur terdapat lahan sayur-mayur yang diurus warga setempat. Kompleks Masjid Raya Zagreb dilengkapi dengan pelbagai fasilitas publik. Di sebelah utara bangunan utama, ada Madrasah dr.Ahmed Smaklovic, yang menyediakan pendidikan dasar hingga menengah.

Kemudian, ada pula bangunan perpustakaan, gedung administrasi dan balai pertemuan. Semua itu dikelola oleh Majelis Komunitas Islam Zagreb.

Zagreb memiliki penduduk sebanyak 973.667 jiwa (sensus 2005). Jumlah Muslim di Kroasia mengalami naik-turun. Pada 1948, tercatat jumlah Muslim sebanyak 1077. Namun pada 1953, jumlah Muslim menjadi 16.185 jiwa. []

loading...
loading...