islampos
Media islam generasi baru

Uni Emirat Arab Segera Luncurkan Masjid Cerdas dan Ramah Lingkungan

StepFeed
0

DI era moderenisasi ini sudah banyak orang yang menyadari akan hal-hal yang berkaitan dengan keberlangsungan lingkungan. Hal tersebut terbukti dengan banyaknya proyek ataupun teknologi yang sengaja dibuat dengan ramah lingkungan.

Salah satu tindakan nyata tentang ramah lingkungan itu diterapkan oleh negara yang kaya dengan minyak buminya, Uni Emirat Arab. Salah satu daerah di Uni Emirat Arab akan segera luncurkan “Masjid Cerdas” dan “Masjid Hijau” (Smart-Green Mosque). Penamaan Masjid Cerdas dan Masjid Hijau itu karena berkenaan dengan konsep ramah lingkungan di dalamnya.

Pembangunan masjid ini dipercaya akan menghemat biaya pemeliharaan air dan listrik hingga sekitar $ 2.900 dollar setiap tahunnya.

Hal tersebut lantaran pengeras suara di masjid cerdas dan ramah lingkungan ini akan berfungsi secara otomatis, dan akan aktif segera ketika Imam berdiri di atas sajadah saat akan menunaikan shalat dan akan secara otomatis mati setelah ibadah shalat selesai, demikian dilansir Al Khaleej, Rabu (23/3/2017).

Tak hanya itu, renovasi Masjid yang dibiayai oleh 25 orang dermawan ini juga dalam pencahayaan di Masjid menggunakan tenaga surya dan dikendalikan dengan gerak sensor, dan pendingin ruangan (AC) juga dikendalikan melalui sistem cerdas yang mengelola pendinginan ruang sesuai dengan suhu di musim dingin dan musim panas. Bahkan pemanas tangki air di Masjid ini menggunakan tenaga dari panel matahari. []

SatuMedia

loading...
loading...