ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

UNHCR Minta AS dan Negara Barat Tampung 1.000 Muslim Rohingya

Foto: AP
0

DHAKA – Badan pengungsi PBB (UNHCR) berencana melakukan negosiasi dengan sejumlah negara Barat, termasuk Amerika Serikat, agar bersedia menampung sekitar 1.000 pengungsi minoritas Muslim Rohingya di negara mereka.

Perwakilan UNHCR Bangladesh, Shinji Kubo, mengatakan pihaknya telah meminta izin pemerintah Bangladesh agar bisa melakukan negosiasi tersebut.

Ia berujar, institusinya akan terus memprioritaskan penempatan sejumlah pengungsi yang membutuhkan bantuan, meski penolakan datang dari negara-negara tersebut.

“UNHCR akan terus bekerja sama dengan sejumlah pihak berwenang mengenai penempatan para pengungsi ini, termasuk AS,” kata Kubo seperti dikutip Reuters dan dlansir CNN Jumat kemarin (17/2/2017).

Ia berujar, setidaknya ada 1.000 pengungsi Rohingya yang telah dikategorikan prioritas akibat alasan kesehatan. Selain itu, sejumlah pengungsi ini juga memiliki anggota keluarga di luar negeri.

Sementara itu, sentimen anti-imigran tengah mendera sejumlah negara Barat. Mereka khawatir kehadiran pengungsi akan memengaruhi bahkan mengancam keamanan mereka, khususnya dalam konteks bahaya terorisme.

Selain itu, masalah ekonomi juga tidak lepas dari alasan sejumlah negara Barat ini enggan menerima pengungsi.

Di AS, larangan masuk bagi imigran dan pengungsi dari sejumlah negara Muslim bahkan sempat diberlakukan oleh Presiden Donald Trump, meskipun kini aturan itu telah ditangguhkan pengadilan banding Amerika. [fq/islampos]

loading...
loading...