ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Ungkapan ‘Aamiin’, Adakah dalam Al-Quran?

Foto: Abu Umar/Islampos
0

SHALAT berjamaah adalah utama daripada shalat seorang diri. Dan yang paling diharuskan untuk melaksanakan shalat berjamaah di Masjid adalah kaum laki-laki. Begitu pula dalam melaksanakan shalat Jum’at, yang akan lebih sah bila dilakukan di Masjid berjamaah.

Untuk menjadi seorang Imam dalam shalat, tentu ia mengetahui apa yang harus ia baca dan tidak. Lantas bagaimana dengan makmum? Biasanya ketika Imam selesai membacakan surah al-Fatihah, makmum akan menjawab “Aamiin”. Nah, apakah kata tersebut ada dalam al-Quran?

Bacaan “Aamiin” tidak tercantum dalam al-Quran. Mengapa? Karena kata tersebut bukan termasuk ayat. Kata tersebut disampaikan malaikat Jibril kepada Rasulullah artinya, “Ya Allah, kabulkanlah doa kami.”

Doa dalam surah al-Fatihah yaitu, “Tunjukilah kami jalan yang lurus, (yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau anugerahkan nikmat kepada mereka, bukan pula jalan mereka yang dimurkai dan bukan pula jalan mereka yang sesat,” (QS. Al-Fatihah: 6-7).

Sebagian ulama mengatakan kata “Aamiin” bukan dari bahasa Arab, tetapi berasal dari bahasa Ibrani, Parsi, yang sudah dimengerti oleh bangsa Arab. []

Sumber: Anda Bertanya Islam Menjawab/Karya: Prof. Dr. M. Mutawalli asy-Sya’rawi/Penerbit: Gema Insani

loading...
loading...