ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

UNESCO Tetapkan Hebron Sebagai Warisan Budaya Palestina

Foto:
0
PALESTINA– Organisasi budaya PBB (UNESCO)  menyatakan sebuah kuil kuno di Tepi Barat yang diduduki menjadi sebuah situs warisan Palestina pada hari Jumat (7/7/2017) kemarin. 
UNESCO menunjuk Hebron dan dua kuil,  Makam Yahudi dari Patriark dan Masjid Ibrahimi Muslim  sebagai sebuah Situs Warisan Dunia Palestina.

Hal tersebut membuat Israel geram dan  terus mengurangi pendanaannya ke Perserikatan Bangsa-Bangsa. Pemangkasan dana tersebut adalah yang keempat di Israel sejak tahun lalu.

Dilansir Reuters, Menteri Luar Negeri Palestina, Reyad Al-Maliki, mengatakan bahwa pemungutan suara UNESCO, pada sebuah pertemuan di Krakow, Polandia, adalah bukti dari pertempuran diplomatik yang berhasil di Palestina yang  telah diluncurkan di semua bidang dalam menghadapi tekanan Israel dan Amerika terhadap negara-negara anggota UNESCO .

Hebron adalah kota Palestina terbesar di Tepi Barat yang diduduki dengan populasi sekitar 200.000 orang. Sekitar 1.000 pemukim Israel tinggal di jantung kota dan selama bertahun-tahun telah menjadi tempat perselisihan agama antara Muslim dan Yahudi.

Orang-orang Yahudi percaya bahwa Gua para Leluhur adalah tempat Abraham, Ishak dan Yakub dan istri mereka dikuburkan. 

Muslim  juga menghormati Abraham, membangun masjid Ibrahimi, yang juga dikenal sebagai Tempat Suci Abraham, pada abad ke-14.[]

loading...
loading...