islampos
Media islam generasi baru

UNESCO Tetapkan Hebron Sebagai Situs Warisan Sejarah

Foto: PIC
0

PALESTINA—Badan Warisan Budaya PBB (UNESCO) dilaporkan telah mendeklarasikan Kota Tua Hebron sebagai situs warisan yang dilindungi. Keputusan ini tertuang dalam sebuah surat suara rahasia. Namun isu ini langsung memicu perselisihan terbaru antara Israel-Palestina.

Hebron adalah rumah bagi lebih dari 200 ribu Muslim Palestina dan beberapa ratus Yahudi Israel. Mereka tinggal di daerah kantong dekat lokasi yang dikenal umat Muslim sebagai Masjid Ibrahimi dan Yahudi sebagai Makam ‘Para Leluhur,’ PIC melaporkan pada Jumat (11/8/2017).

Rakyat Palestina menyatakan Kota Tua Hebron sebagai area nilai universal yang luar biasa. Sayangnya setelah dianggap sebagai situs warisan dunia, beberapa situs di Hebron langsung mendapat ancaman dari Israel.

Warga Palestina menuduh Yahudi Israel melakukan sejumlah pelanggaran yang “mengkhawatirkan,” termasuk Vandalisme dan merusak properti.

Hebron diklaim sebagai salah satu kota tertua di dunia, berasal dari periode ‘chalcolithic’ atau lebih dari 3.000 tahun sebelum masehi, kata resolusi UNESCO. []

loading...
loading...