islampos
Media islam generasi baru

Ulama Saudi Larang Perayaan Ulang Tahun, Ini Alasannya

Foto: Alaraby
0

ARAB SAUDI—Ulama di Badan Keagamaan Tertinggi Arab Saudi dikabarkan telah melarang perayaan hari ulang tahun. Alasan dilarangnya merayakan ulang tahun karena dianggap bisa memuat seseorang ‘bangkrut.’

Abdullah al-Mutlaq, penasihat istana kerajaan telah mengeluarkan fatwa di televisi pemerintah awal pekan ini, Alaraby melaporkan pada Kamis (14/9/2017).

Ketika ditanya oleh seorang penelepon apakah diperbolehkan merayakan ulang tahun bagi anak-anak dan istri, Mutlaq berkata: “Itu tidak diperbolehkan.”

“Kami tidak ingin membuka pintu itu untuk diri kita sendiri, karena bisa jadi orang lain tidak memiliki uang sebanyak itu untuk menggelar sebuah pesta,” ulama tersebut menjelaskan.

“Anda mengaku ingin menabung untuk rumah tangga. Tapi mengapa Anda sekarang ingin menghancurkan diri Anda sendiri dengan pesta-pesta semacam ini? Yang merupakan tindakan mubadzir dan tidak diajarkan dalam Islam,” tambahnya.

Para pengguna Twitter juga banyak yang mendukung fatwa tersebut, karena mengajarkan untuk hidup berhemat.

Di sisi lain, beberapa pengguna mengatakan bahwa warga Saudi harus mampu merayakan ulang tahun karena negara mereka merupakan produsen minyak mentah terkemuka kedua di dunia. []

loading...
loading...