ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Turki Mulai Bangun ‘Tembok Pemisah’ dengan Iran

Foto: PressTV
0

TURKI—Pemerintah Turki dilaporkan mulai membangun tembok di sepanjang perbatasan dengan Iran, PressTV melaporkan pada Selasa (8/8/2017). Gubernur provinsi Agri, Suleyman Elban, telah mengunjungi proses pembangunan dinding keamanan setinggi dua meter ini.

Turki mengklaim bahwa pembangunan dinding tersebut bertujuan untuk meningkatkan keamanan dengan menghentikan gerakan kelompok militan Pekerja Kurdistan (PKK) dan penyelundup ilegal.

Sebelumnya, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan telah mengatakan pada Juni lalu bahwa negaranya berencana membangun dinding di sepanjang perbatasannya dengan Irak dan Iran. Tembok ini serupa dengan tembok yang dibangun sepanjang 911 kilometer dengan Suriah.

Pernyataan Erdogan muncul setelah seorang pejabat tinggi Turki mengatakan rencana pembangunan tembok ini kepada harian Hürriyet pada 8 Mei 2017. Pembangunan tembok di perbatasannya dengan Iran untuk mencegah militan PKK memasuki Turki dari sebuah kamp di Iran.

Salah satu sumber informasi di Kementerian Luar Negeri Iran mengatakan sehari kemudian bahwa Turki harus terus memperbarui pembangunan tembok di sepanjang perbatasan dengan Iran.

Sumber tersebut menambahkan bahwa Iran menyambut baik rencana Turki dan tidak menentangnya; Namun, Turki harus memberitahu Iran sebelum bertindak. []

loading...
loading...