islampos
Media islam generasi baru

Turki Kirimkan 1.000 Ton Bantuan untuk Muslim Rohingya di Myanmar

Foto hanya ilustrasi. Sumber: Reuters
0

ANKARA–Juru bicara kepresidenan Turki, hari Selasa (5/9/2017), Myanmar telah mengkonfirmasi bahwa mereka memberikan izin kepada Badan Bantuan Turki untuk mendistribusikan 1.000 ton bantuan kepada Muslim Rohingya di negara bagian Rakhine.

Menurut ajudan Erdogan, Kalin, paket bantuan darurat tersebut berisi nasi, ikan kering, dan pakaian.

Kalin juga mengatakan bahwa izin dari Myanmar terjadi beberapa jam setelah Erdogan berdiskusi  dengan Penasihat Negara Myanmar Aung San Su Kyi lewat telefon.

Dari diskusi itu, pemerintah Myanmar telah mengizinkan perwakilan dari TIKA (Badan Koordinasi dan Bantuan Turki) untuk memasuki wilayah konflik dan mendistribusikan 1.000 ton bantuan pada tahap pertama.

Hal ini membuat TIKA menjadi lembaga bantuan asing pertama yang mendapatkan izin dari pemerintah Myanmar untuk memasuki wilayah konflik, sejak tragedi kekerasan terjadi 25 Agustus lalu, ungkap Kalin.

Turki akan terus memasok bantuan, termasuk makanan, pakaian dan obat-obatan di wililayah konflik dengan bekerjasama dengan pemerintah daerah.

Karena keamanan wilayah tersebut belum daat dipastikan, bantuan akan didistribusikan oleh helikopter militer bersamaan dengan pemerintah negara bagian Rakhine. [Eka Aprila]

Sumber: Anadolu Agency

loading...
loading...