islampos
Media islam generasi baru

Turki Ambil Alih Sekolah-sekolah Gullen di Afghanistan

Foto: Gulen Movement Canada
0

KABUL – Pemerintah Kabul resmi memulai proses untuk menyerahkan enam belas sekolah Afghanistan terkait dengan Organisasi Teroris Fetullah (Feto) ke Turki.

Setelah kudeta gagal Juli 2016 di Turki, Ankara meminta Kabul serta sejumlah ibukota lainnya di seluruh dunia untuk menyerahkan jaringan sekolah Gulenist di negara mereka.

Wakil Menteri Pendidikan Afghanistan Shafique samim mengatakan dalam konferensi pers Sabtu lalu bahwa Presiden Afghanistan Mohammad Ashraf Ghani menerima permintaan resmi dari Turki sejak enam bulan lalu. Dia menambahkan Ghani menolak penutupan sekolah-sekolah, dan lebih menyetujui rekomendasi untuk menyerahkan sekolah kepada Maarif Foundation Turki.

Maarif Foundation didirikan setelah adanya upaya kudeta Juli 2016 yang betujuan untuk mengambil alih sekolah Turki di luar negeri terkait dengan Feto oleh pemerintah Turki. Demikian dilaporkan lapor Anadolu Agency.

Diperkirakan 8.000 siswa yang terdaftar di beberapa sekolah Turki di Afghanistan terletak di pusat-pusat kota besar seperti ibukota Kabul, Kandahar, Herat, Mazar-e-Sharif, Jalal Abad dan kota Sheberghan.

Menurut samim, Maarif Foundation telah berjanji untuk berinvestasi sebesar $ 5 juta untuk lebih mengangkat standar sekolah. [fq/islampos]

loading...
loading...