islampos
Media islam generasi baru

Turki Ajak Indonesia Cari Jalan Keluar Masalah Diplomatik Qatar

Foto: Menlu Turki
0

JAKARTA–Menteri Luar Negeri (Menlu) Turki melakukan komunikasi dengan Pemerintah Indonesia terkait pemutusan hubungan diplomatik tujuh negara Arab terhadap Qatar. Komunikasi tersebut dilakukan untuk mengonsolidasikan kedamaian di antara negara Timur Tengah.

“Pembicaraan yang dilakukan intinya bagaimana mencari jalan keluar untuk mendorong perdamaian di kawasan tersebut,” kata Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi di Istana Negara, lansir Republika, Kamis (8/6/2017).

Retno menjelaskan, selama ini dia selalu melakukan komunikasi dengan banyak Menlu lain setiap harinya. Kemudahan akses karena hubungan personal membuat komunikasi lebih mudah dilakukan termasuk ketika ada konflik Qatar dengan sejumlah negara di Timur Tengah.

Sejauh ini, Retno telah melakukan komunikasi dengan beberapa negara di Timur Tengah ‎terkait persoalan Qatar. Pesan moral untuk menjaga perdamaian ini pun diapresiasi para negara tersebut. Terlebih perdamaian di negara tersebut sangat penting untuk menjaga stabilitas keamanan di berbagai negara di dunia.

Dalam waktu dekat, Retno juga akan menghubungi Menlu Amerika Serikat, Rex Tillerson‎. Salah satunya yang akan dibahas adalah persoalan di Qatar. “Ya, kita akan bahas mengenai di Timur Tengah,” ujarnya.

Seperti diketahui, tujuh negara Arab yang memutuskan hubungan dengan Qatar, yakni Arab Saudi, Bahrain, Uni Emirat Arab, Mesir, Yaman, Libya dan Maladewa. []

loading...
loading...