ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Tulis Buku Kisah Hidup Selama Perang, Bocah Suriah jadi Perhatian Dunia

0

SURIAH—Seorang anak asal Suriah menarik perhatian dunia. Bana Alabed, bocah perempuan 8 tahun kelahiran Aleppo, Suriah mendadak terkenal atas karya yang telah ia ciptakan.

Menurut laporan Daily Sabah pada Selasa (5/12/2017), Bana telah meluncurkan buku tentang kisah hidupnya menjadi saksi perang yang sudah berlangsung di negerinya sejak 2011 lalu. Buku berjudul ‘Dear World’ itu merupakan kumpulan cuitan Bana di Twitter.

Dalam buku itu, Bana menceritakan ketakutan yang ia alami dan duka yang ia rasakan ketika bom menghancurkan rumah dan merenggut nyawa orang-orang terdekatnya.

“Orang-orang mengangkat tubuh kecil dari reruntuhan bangunan, lalu terdengar jeritan pilu ibu Yasmin. Betul, itu Yasmin! Tubuhnya seperti sedang tidur, namun sekujur badannya dipenuhi darah dan debu,” demikian Bana menulis di bukunya.

“Aku tidak mampu bergerak dan bernapas karena sangat takut melihat sahabatku meninggal dalam kondisi seperti itu,” kata Bana dalam peluncuran bukunya di Turki, tempat dia kini tinggal bersama orang tuanya.

Bana mulai menuangkan pikiran dan perasaannya di akun Twitter sejak September 2016 lewat akun @AlabedBana, yang dibuatkan sang ibu, Fatemah. Tidak kurang 360 ribu follower yang mengikuti kisah hidup dan foto-foto yang dibagikan Bana.

Bahkan penulis terkenal J.K. Rowling pun mengikuti cuitan Bana. Rowling bahkan mengirimkan edisi e-book seluruh serial Harry Potter untuk Bana.

Enam tahun berada di kubangan derita perang Suriah, Desember tahun 2016 lalu, Bana dan keluarganya berhasil dievakuasi dan diterbangkan ke Turki. Bahkan, Presiden Tayyip Erdogan ikut menyambut kedatangan Bana dan keluarganya. []

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun
loading...
loading...